Belajar Fungsi If Excel

Belajar Fungsi If Excel - Hallo Exceler. Tulisan kali ini akan membahas tentang penggunaan fungsi if di excel. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Excel bukan saja bisa digunakan dalam hal perhitungan angka – angka, tetapi Excel juga bisa kita manfaatkan untuk menentukan hasil pemeriksaan dari suatu kondisi, bahkan banyak kondisi (mudah – mudahan apa yang saya maksud bisa dipahami).

Sebagai contoh kali ini kita akan memanfaatkan fungsi if excel untuk menentukan status perolehan tunjangan dari beberapa orang karyawan di sebuah perusahaan, kondisi yang akan diperiksa oleh fungsi if excel adalah ketika seorang karyawan status nya sudah menikah, maka dia mendapatkan tunjangan, sebaliknya jika belum menikah maka si karyawan tidak mendapatkan tunjangan. Baiklah untuk lebih jelasnya mari kita mulai.

Kita akan menggunakan data dengan format excel seperti gambar di bawah ini, kita akan menggunakan fungsi if excel untuk mengisi kolom “STATUS TUNJANGAN” secara otomatis.

Belajar Fungsi If Excel

Silahkan buka aplikasi excel teman – teman, buat format dan isikan data seperti gambar di atas. Selanjutnya untuk mendapatkan STATUS TUNJANGAN karyawan dengan nama KARYAWAN 1, kita tinggal mengisi cell D5 dengan formula seperti ini :
=IF(C5="MENIKAH";"DAPAT TUNJANGAN";"TIDAK DAPAT TUNJANGAN")
Setelah mengisi cell D5 dengan formula tersebut maka, kita akan mendapatkan hasil seperti gambar di bawah pada kolom STATUS TUNJANGAN untuk KARYAWAN 1.

Fungsi If Excel

Nah, lalu bagaimana agar semua baris pada kolom STATUS KARYAWAN terisi secara otomatis ??? caranya sangat mudah, kita tinggal meng-copy rumus atau formula pada cell D5 dengan cara mendrag ke bawah sampai baris nomor 10. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Contoh fungsi if excel

Bagaimana ? mudah bukan ? mudah sekali tentunya. Lalu, bagaimana bila kondisinya tidak hanya satu ? misalkan kita ingin menambah satu kolom setelah kolom STATUS PERNIKAHAN dengan kolom JUMLAH ANAK, lalu berdasarkan kolom tersebut kita akan menentukan jenis tunjangan yang diperoleh masing – masing karyawan. Artinya kita mempunyai dua kondisi yang akan di periksa.

Tenang, untuk kasus semacam itu tentu saja excel dengan fungsi if nya masih mampu membantu kita. Sekarang teman – teman Exceller pelajari dan fahami dulu bahasan kita pada tulisan ini, untuk kasus penggunaan fungsi if excel pada dua atau lebih kondisi akan kita pelajari pada tulisan selanjutnya. Jadi intip terus blog ini ya, oh iya jika teman - teman punya pertanyaan mengenai pembahasan fungsi if excel ini silahkan tuliskan pada bagian komentar. Salam Exceller

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Fungsi If Excel"

Post a Comment