Belajar Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS Excel

Belajar Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS Excel – Hallo Exceler. Mempelajari penggunaan fungsi – fungsi yang tersedia di Excel memang mengasyik kan dan tidak akan ada habisnya. Semakin kita belajar dan semakin kita faham dengan penggunaan sebuah fungsi, rasa haus kita untuk mempelajari fungsi yang lain seakan semakin besar, bukan begitu teman – teman ? :).

Kali ini kita akan belajar bagaimana menggunakan fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS di Excel. Dari segi nama, ketiga fungsi ini terlihat mirip. Bahkan dari segi fungsi penggunaan nya pun, nanti setelah belajar kita akan mengetahui bahwa ketiga fungsi ini memang secara basic (dasar) penggunaan, mempunyai kemiripan.

Baca Juga : Cara membuat angka Arab di Exel

Baiklah mari kita lanjutkan. Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS di Excel termasuk ke dalam kategori Matematic Function (Fungsi Matematika), yang mana fungsi – fungsi yang digolongkan dalam kategori tersebut merupakan fungsi – fungsi yang diciptakan untuk menyelesaikan kasus – kasus yang berkaitan dengan perhitungan.

Untuk mempelajari ketiga fungsi ini, seperti nya tidak cukup hanya dengan memahami teori – teori nya saja. Untuk bisa faham secara mendalam, nampak nya kita harus praktik. Oleh karena itu di bawah ini saya sudah buatkan tiga contoh kasus, yang mana setiap kasus bisa kita selesaikan dengan menggunakan fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS.

Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS Excel

Gambar di atas, pada tabel pertama kita punya tabel DAFTAR NILAI SISWA. Pertanyaan nya, bagaimana cara kita mengisi kolom TOTAL NILAI (kolom warna kuning) secara otomatis ? Sebagian teman – teman mungkin akan langsung menjawab kita pakai fungsi SUM. Hmm bagi teman – teman yang menjawab seperti itu,  berbanggalah karena jawaban teman – teman memang benar. Iya, untuk menyelesaikan kasus seperti tabel pertama, kita cukup menggunakan fungsi SUM nya Excel. Bagaimana caranya ? mari kita pelajari.

Penulisan fungsi SUM :
=SUM(number_1;number_2;number_3;number_n)

Penjelasan rumus :

SUM : Keyword untuk menggunakan fungsi SUM.
number_1;number_2;number_3;number_n : adalah angka yang ingin kita jumlah kan. Bisa diisi langsung dengan angka dan bisa juga diisi dengan alamat CELL ataupun sekumpulan CELL (range) yang berisi angka yang ingin dijumlahkan. Bila angka yang ingin dijumlahkan berada dalam sekumpulan CELL (range) maka rumus di atas bisa ditulis seperti ini :
=SUM(Cell_pertama:Cell_terakhir)
Jadi untuk kasus tabel pertama pada gambar di atas, karena angka yang ingin kita jumlahkan berada pada sekumpulan CELL (range) maka untuk memperoleh TOTAL NILAI masing – masing siswa, kita bisa gunakan fungsi SUM dengan bentuk penulisan seperti berikut. Tuliskan rumus fungsi SUM di bawah ini pada Cell E7.
=SUM(B7:D7)
Lalu seperti biasa untuk mendapatkan TOTAL NILAI pada baris selanjutnya, tinggal kita copy kan rumus fungsi SUM tersebut dengan drag and drop sampai baris terakhir. Kasus tabel pertama beres.

Selanjutnya mari kita lihat tabel ke dua, tiga dan empat. Di sebelah kiri kita punya tabel LAPORAN PENJUALAN ROKOK bulan Januari 2016. Lalu pada dua tabel sebelah kanan, kita diminta untuk mengisi kolom TOTAL TERJUAL dan JUMLAH BELI berdasarkan data pada tabel LAPORAN PENJUALAN ROKOK. Bagaimana kita mengisinya secara otomatis ? nah, di sinilah kita gunakan fungsi SUMIF dan SUMIFS.

Untuk mengisi kolom TOTAL TERJUAL pada tabel ke tiga, cukup isikan rumus fungsi SUMIF seperti berikut. Isikan pada cell H16.
=SUMIF($A$15:$A$25;G16;$C$15:$C$25)
Untuk baris selanjutnya, cukup copy kan rumus ke bawah dengan drag and drop.

Penjelasan rumus :

Bentuk penulisan fungsi SUMIF :
=SUMIF(range;criteria;[sum_range]
SUMIF : Keyword fungsi SUMIF Range : Sekumpulan data atau range yang akan dijadikan kriteria penjumlahan.
Criteria : Kriteria penjumlahan Sum_range : Sekumpulan data atau range yang akan dijumlahkan Hmm bagaimana ? saya rasa cukup jelas.

Yang terakhir mari kita selesaikan kasus tabel ke empat. Pada kasus tabel ke empat, kita akan menggunakan fungsi SUMIFS untuk menyelesaikan nya. Bila diperhatikan dengan cermat, kasus tabel ke empat membutuhkan dua kriteria penjumlahan. Ini berarti, fungsi SUMIFS lebih komplek dari pada fungsi SUMIF. Pada fungsi SUMIFS, kita bisa mengisi kriteria lebih dari satu untuk mendapatkan hasil perhitungan yang kita inginkan.

Oke langsung saja. Untuk mendapatkan JUMLAH BELI masing – masing pelanggan terhadap masing – masing produk, maka kita tuliskan rumus fungsi SUMIFS berikut pada cell I24.
=SUMIFS($C$15:$C$25;$E$15:$E$25;G24;$A$15:$A$25;H24)
Bagaimana ? ketemu kan jumlah beli nya ?

Penjelasan rumus :

Bentuk penulisan fungsi SUMIFS :
=SUMIFS(sum_range;criteria_range_1;criteria_1;[criteria_range_2;criteria_2];[criteria_range_n;criteria_n]
SUMIFS : Keyword fungsi SUMIFS Sum_range : Range data (angka) yang akan dijumlahkan.
Criteria_range_1 : Sekumpulan data atau range yang akan dijadikan sebagai kriteria pertama penjumlahan.
Criteria_1 : Kriteria pertama penjumlahan.
Criteria_range_2 : Sekumpulan data atau range yang akan dijadikan sebagai kriteria kedua penjumlahan.
Criteria_2 : Kriteria kedua penjumlahan.
Criteria_n : Sekumpulan data atau range yang akan dijadikan sebagai kriteria ke-n penjumlahan.
Criteria_n : Kriteria ke-n penjumlahan.

Untuk fungsi SUMIFS memang agak panjang, tergantung jumlah kriteria yang kita isikan. Untuk bisa faham dengan baik, kita harus sering – sering berlatih dengan bentuk data yang berpariasi. Tidak ada yang sulit kalau kita punya kemauan yang kuat, percayalah.

Oke, jika semua rumus fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS sudah kita isikan dengan benar. Maka hasil akhir dari praktik kita kali ini ialah seperti gambar di bawah.

Belajar fungsi Perhitungan Excel

Saya tidak menyangka, untuk membahas ketiga fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS saja akan menciptakan tulisan yang begitu panjang seperti ini. Mohon ma’af kalau teman – teman merasa tulisan ini bertele – tele. Tidak ada niatan untuk membuat teman – teman berlama – lama untuk sekedar membaca tulisan ini. Tapi, beginilah cara saya belajar memahami penggunaan fungsi – fungsi yang ada di excel. Saya lebih suka menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari sebuah fungsi, sampai saya faham se-faham fahamnya, dari pada hanya sekilas tapi akhirnya hanya faham kulit nya saja. Saya yakin teman – teman banyak yang tidak setuju :). Terimakasih sudah membaca, sampai jumpa pada tulisan selanjutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS Excel"

Post a Comment