Fungsi If Excel - Multi If

Fungsi If Excel - Multi If – Hallo Exceler. Artikel kali ini merupakan lanjutan dari artikel pertama yang berjudul Fungsi If Excel yang merupakan salah satu dari beberapa Fungsi Logika di Excel. Pada artikel tersebut, kita telah belajar bersama bagaimana cara memanfaatkan Fungsi If untuk memeriksa sebuah kondisi sampai menghasilkan output yang sesuai dengan keinginan kita.

Pada contoh yang kita pakai di artikel tersebut, fungsi if masih kita manfaatkan hanya untuk memeriksa satu kondisi. Lalu muncullah pertanyaan, bagaimana kalau kondisi yang akan diperiksa lebih dari satu ? apakah fungsi if ini masih bisa bekerja ? tentu saja, di artikel inilah akan kita kupas masalah tersebut.

Bentuk penulisan formula/rumus if excel secara sederhana dengan satu kondisi adalah seperti berikut :
=If(kondisi_yang_diperiksa;”output_jika_true”;”output_jika_false”)

Penjelasan rumus :

If akan memeriksa kondisi atau statement yang kita masukkan pada blok “kondisi_yang_diperiksa”. Jika hasil dari pemeriksaan bernilai true, maka yang akan dimunculkan sebagai output adalah nilai atau teks yang ada pada blok “output_jika_true”. Sebaliknya jika hasil pemeriksaan kondisi bernilai false, maka yang akan dimunculkan sebagai output adalah nilai atau teks yang ada pada blok “output_jika_false”. Semoga bisa difahami.

Baiklah, mari kita lanjutkan artikel ini. Setelah faham mengenai penggunaan fungsi if untuk kasus satu kondisi, selanjutnya kita akan belajar penggunaan fungsi if excel pada kasus lebih dari satu kondisi. Untuk kasus ini, kita akan praktik bagaimana cara menampilkan GRADE NILAI dari masing – masing siswa berdasarkan nilai yang diperoleh pada suatu mata pelajaran. Kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

Fungsi if excel

Seperti yang tertulis di bagian PROBLEMA pada gambar di atas, misalnya kita diminta untuk mengisi kolom GRADE (kolom warna kuning) dengan GRADE NILAI berdasarkan standar penilaian pada tabel di samping kanan secara otomatis. Apa yang akan kita lakukan ? jawaban nya ialah dengan menggunakan Multi If atau fungsi if banyak kondisi.

Lalu bagaimana cara menggunakan fungsi if banyak kondisi ? mari pelan – pelan kita fahami rumus di bawah ini :
=If(kondisi_1;”output_jika_kondisi_1_true”;If(kondisi_2;”output_jika_kondisi_2_true; If(kondisi_3;”output_jika_kondisi_3_true;If(kondisi_n;”output_jika_kondisi_n_true; output_jika_kondisi_n_false)))

Penjelasan rumus :

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan fungsi if satu kondisi. Pada if multi kondisi, if akan memeriksa satu persatu kondisi atau statement yang kita masukkan pada masing – masing blok kondisi. Pada contoh rumus di atas, pertama kali if akan memeriksa kondisi_1, jika nilainya true maka akan ditampilkan “output_jika_kondisi_1_true”, Jika false if akan memeriksa kondisi_2, begitu seterusnya sampai pada blok kondisi_n.

Dengan memahami fungsi atau rumus if multi kondisi di atas, maka kita bisa mengatasi PROBLEMA dalam hal menampilkan GRADE NILAI siswa dengan formula sebagai berikut. Berdasarkan gambar di atas, maka kita tinggal ketikkan formula berikut pada cell D7.
=IF(C7>=80;"A";IF(C7>=70;"B";IF(C7>=60;"C";IF(C7>=50;"D";"E"))))
Hasilnya akan nampak seperti gambar di bawah. Untuk baris – baris selanjutnya tinggal drag dan drop rumus sampai baris terakhir.

Multi if excel

Bagaimana ? mudah bukan ?. Pemahaman yang baik mengenai penggunaan fungsi if excel merupakan salah satu modal berharga untuk menyelesaikan kasus – kasus yang berkaitan dengan logika. Berbekal pemahaman tersebut, selanjutnya kita akan mampu menyelesaikan kasus yang lebih rumit dari pada contoh yang telah kita praktikkan pada artikel ini.

Baiklah, sepertinya tulisan mengenai fungsi if excel – multi if ini saya cukupkan saja. Jika teman – teman punya pertanyaan silahkan ajukan lewat komentar. Di artikel selanjutnya, kita akan belajar fungsi – fungsi lain yang tersedia di excel, yang tentunya tidak kalah menarik untuk dipelajari. Jadi pantau terus blog ini ya :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi If Excel - Multi If"

Post a Comment