Ingin Membuat Format Angka Arab di Excel ? Ini Caranya

Membuat Format Angka Arab di Excel – Hallo Exceler. Artikel kali ini terinspirasi dari pertanyaan seorang member sebuah group di facebook. Member tersebut menanyakan bagaimana cara membuat format angka Arab di excel, adakah fungsi khusus untuk membuatnya atau adakah triknya ?

Hmmm, pada kasus – kasus tertentu, terkadang kita memang butuh untuk menuliskan angka dalam excel dengan bentuk huruf Arab. Contoh misalnya kita bekerja di lingkungan yang mengharuskan kita untuk membuat presentasi – presentasi data dalam excel dengan huruf Arab. Lingkungan ini contoh nya sekolah – sekolah yang mengharuskan bahasa Arab sebagai bahasa sehari – hari untuk siswa dan seluruh guru dan staf nya. Maka dari itu, Saya kira kemampuan ini cukup penting untuk kita miliki.

Sampai saat ini, untuk membuat angka dalam huruf Arab di excel, saya biasanya menggunakan fitur “Format Costum” yang merupakan sub fitur “Format Cell”. Untuk membuat angka dalam huruf Arab menggunakan fitur tersebut sangatlah mudah. Kita tinggal memasukkan beberapa karakter simbol dalam kalang fitur costum yang tersedia. Contoh nya seperti gambar di bawah ini.

Membuat format angka Arab di Excel

Untuk membuat angka Arab di excel, secara sederhana mungkin bisa saya jelaskan seperti ini. Pada gambar di atas, saya beri contoh sebuah tabel dengan dua kolom. Sebelah kiri isinya angka dalam format biasa, saya menyebut nya angka Indonesia sesuai judul kolom nya dan sebelah kanan angka dalam format Arab. Untuk memunculkan format seperti pada kolom sebelah kanan, kita tulis dulu angka dalam format Indonesia, kemudian blok semua cell berisi angka yang ingin kita rubah format nya. Selanjutnya klik kanan lalu pilih “Format Cell”. Akan muncul jendela format cell seperti gambar di atas, lalu pilih tab “Number” kemudian “Costum”. Nah pada gambar di atas, yang saya beri tanda angka “2” adalah kalang custom tempat kita mengisi “simbol” untuk menghasilkan format angka Arab. Tinggal kita isi kalang custom tersebut dengan format simbol seperti ini :
[$-3000401]0
Setelah itu klik OK. Maka, semua cell yang sebelumnya terisi angka dalam format biasa akan berubah menjadi angka dalam format Arab. Dengan cara seperti ini, sepertinya kita pun bisa membuat format angka selain Arab, misalnya dalam format Cina dan lain – lain. Tapi untuk saat ini, saya belum menemukan format simbol untuk membuat nya. Insya Allah ditulisan yang lain akan kita bahas bersama. Atau jika di antara teman – teman ada yang sudah bisa membuat format angka selain Arab, silahkan dishare saja lewat komentar. Percayalah bahwa berbagi ilmu tidak akan membuat ilmu kita berkurang, malah akan semakin bertambah :).

Saya rasa sudah cukup jelas. Kalau teman – teman masih kesulitan mempraktekkan petunjuk cara membuat angka Arab di atas, silahkan tuliskan PROBLEMA teman – teman di komentar. Mudah – mudahan saya dan teman – teman yang lain bisa membantu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Membuat Format Angka Arab di Excel ? Ini Caranya"

Post a Comment