Begini Cara Menggunakan Fungsi Count, Countif dan Countifs Excel

AssWrWb. Hallo Exceler. Jumpa lagi di excel-oon.com situs belajar excel yang insyaAllah terlengkap hehe. Tulisan kali ini akan membahas tentang fungsi count, countif dan countifs di excel. Yang mana salah dua dari ketiga fungsi ini yaitu fungsi countif dan countifs, jika diamati dari namanya merupakan gabungan dari fungsi excel berjenis statistic function dan logikal function

Baiklah, mengikuti tradisi tulisan – tulisan lain yang telah lebih dulu saya publish atau terbitkan pada situs ini seperti tulisan tentang belajar fungsi sum, sumif dan sumifs excel atau tulisan tentang belajar fungsi sumproduct excel yang dalam pembahasannya selalu menggunakan contoh – contoh kasus, maka pada tulisan kali ini pun sama. Kita akan belajar menggunakan fungsi count, countif dan countifs dengan menyelesaikan beberapa contoh kasus data.

Namun sebelum beranjak ke contoh kasus, ada baiknya kita lihat dulu bentuk penulisan ketiga fungsi ini secara umum, agar nanti nya kita tidak kebingungan pada saat menggunakan nya pada contoh data yang sebenarnya.

Fungsi Count

Fungsi count digunakan untuk menghitung jumlah data berjenis data angka yang muncul atau yang ada pada rentang cell atau row tertentu di excel. Karena fungsi ini hanya menghitung kemunculan data yang berjenis data angka, maka jenis data yang lain misalnya string tidak akan dihitung.

Bentuk penulisan fungsi count
=count(value1; [value2]; [value2]; ....; [value_n])

Penjelasan
=count() : keyword untuk memanggil fungsi count
Value1 (wajib) : range atau rentang cell atau row yang akan dicari jumlah data berjenis data angka yang ada di dalamnya.
Value2 (optional) : range atau rentang cell atau row ke 2 (dua) yang akan dicari jumlah data berjenis data angka yang ada di dalamnya.
Value_n (optional) : range atau rentang cell atau row ke - n yang akan dicari jumlah data berjenis data angka yang ada di dalamnya.

Fungsi Countif

Fungsi countif digunakan untuk menghitung jumlah kemunculan suatu data ( angka atau string) dalam range atau rentang tertentu berdasarkan suatu kriteria tunggal yang telah ditentukan pada saat penulisan fungsi. Kriteria ini bisa berupa angka, teks (string) ataupun referensi dari sebuah cell.

Bentuk penulisan fungsi countif
=countif(range; criteria) 

 Penjelasan
=countif() : keyword untuk memanggil fungsi
Range : range atau rentang cell atau row yang akan dicari jumlah data yang sesuai kriteria
Criteria : kriteria tunggal yang akan digunakan sebagai filter atau syarat pencarian data yg akan dicari jumlah kemunculan nya.

Fungsi Countifs

Fungsi countifs merupakan pengembangan dari fungsi countif. Kegunaan nya sama dengan fungsi countif yaitu untuk mencari jumlah kemunculan suatu data berdasar kan kriteria tertentu. Letak perbedanya ialah pada jumlah kriteria pencarian. Jika pada countif kita menggunakan kriteria tunggal, maka pada countifs ini kita bisa menggunakan lebih dari satu kriteria.

Bentuk penulisan fungsi countifs
=countifs(criteria_range1; criteria1; criteria_range2; criteria2;criteria_range_n; criteria_n)

Penjelasan
=countifs() : keyword untuk memanggil fungsi
Criteria_range1 : range atau rentang cel pertama tempat mencari jumlah kemunculan suatu dari berdasarkan kriteria.
Criteria1 : kriteria yang akan digunakan sebagai filter atau syarat pencarian untuk range criteria_range1
Criteria_range2; criteria2 dan criteria_range_n; criteria_n : merupakan range dan kriteria tambahan (jika diperlukan) yang digunakan dalam pencarian.

Saya yakin ada beberapa teman – teman yang masih bingung dengan penjelasan di atas. Oleh karena itu mari kita lanjutkan dengan contoh kasus.

Contoh penggunaan fungsi count
Misalnya kita diberikan tabel data seperti pada gambar di bawah ini.

fungsi count
Gambar 1. Fungsi count

Pada gambar di atas, pada kolom “DATA” kita memiliki 10 cell ke bawah yang berisi data acak. Selanjutnya kita diminta untuk mencari jumlah data angka yang ada pada kolom “DATA” dari nomor 1 sampai 10.
Untuk menjawab nya kita bisa menggunakan fungsi count dengan penulisan standar seperti ini
=COUNT(B3:B12)
Jangan lupa tekan enter setelah penulisan fungsi, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

menggunakan fungsi count
Gambar 2. Fungsi count

Saya rasa memahami penggunaan fungsi count ini tidak terlalu sulit. Iya kan teman – teman.
Contoh penggunaan fungsi countif
Untuk contoh penggunaan fungsi countif kita akan menggunakan contoh data seperti gambar di bawah.

fungsi countif
Gambar 3. Fungsi countif

Pada gambar di atas kita memiliki data penjualan rokok pada bulan Oktober 2016. Selanjutnya kita diminta untuk mencari berapa kali kah sebuah produk rokok terjual pada bulan tersebut. Kita akan jawab dengan fungsi countif.

Tuliskan fungsi countif pada cell “C34” dengan bentuk seperti ini
=COUNTIF($C$20:$C$29;B33)
Maka akan didapatkan bahwa rokok “SURYA 12” terjual sebanyak 2 (dua) kali pada bulan Oktober. Selanjutnya untuk rokok “SAMPOERNA” sampai “DUNHILL” teman – teman tinggal copy rumus nya ke bawah, sehingga akan diperoleh hasil seperti gambar ini.

countif function
Gambar 4. Fungsi countif

Contoh penggunaan fungsi countifs
Untuk contoh penggunaan fungsi countifs kita masih menggunakan data seperti pada contoh penggunaan fungsi countif di atas, tapi dengan permasalahan yang berbeda. Lihat gambar di bawah ini.

fungsi countifs
Gambar 5. Fungsi countifs

Pada tabel kedua gambar di atas, kita diminta untuk mencari berapa kali kah dalam bulan Oktober, sebuah produk rokok terjual sebanyak 3 bungkus. Untuk menjawab nya kita gunakan fungsi countifs.
Pada cell “C42” tuliskan fungsi countifs dengan bentuk seperti ini.
=COUNTIFS($D$20:$D$29;3;$C$20:$C$29;B41)
Kemudian tekan enter. Maka akan muncul hasil bahwa pada bulan Oktober rokok “SURYA 12” pernah terjual 3 bungkus sebanyak 1 kali. Nah untuk produk rokok yang lain kita tinggal copy lagi rumus countifs tersebut ke baris selanjutnya. Hasil akhir nya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

cara menggunakan fungsi countifs
Gambar 6. Fungsi countifs

Bagaimana, ada yang masih bingung dengan contoh penggunaan fungsi count,countif dan countifs  di atas ?. Jika masih ada yang bingung silahkan tuliskan kebingungan teman – teman pada kolom komentar di bawah tulisan ini. Sampai jumpa pada tulisan berikutnya, salam hangat dan keep sharing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Cara Menggunakan Fungsi Count, Countif dan Countifs Excel"

Post a Comment