Cara Menggunakan Fungsi Counta dan Countblank Excel

AssWrWb. Hallo Exceler. Sebenarnya, pembahasan mengenai cara penggunaan fungsi counta dan countblank di excel akan saya bahas pada artikel tentang cara menggunakan fungsi count, countif dan countifs . Namun karena saya merasa artikel itu sudah terlalu panjang, akhir nya saya putus kan untuk membahas nya pada artikel terpisah.

Teman – teman. Fungsi counta dan countblank merupakan dua fungsi yang berlawanan jika dilihat dari fungsi kegunaan nya. Fungsi counta berguna untuk mencari jumlah baris pada sebuah daftar atau range atau kolom di excel yang berisi data, baik itu data berjenis angka, teks atau tanggal.

Sedangkan fungsi countblank merupakan kebalikan atau lawan dari fungsi counta. Fungsi nya adalah untuk mencari jumlah baris dalam sebuah daftar atau range atau kolom yang tidak berisi data. Selengkap nya lihat contoh gambar ilustrasi sebuah tabel data di bawah ini.

Fungsi counta dan countblank

Gambar 1. Contoh Kasus Counta & Countblank

Pada gambar di atas, terdapat tabel data penjualan untuk bulan Mei 2016. Dari data yang ada kita diminta untuk menentukan berapa hari kah “ada transaki” dan “tidak ada transaksi” di kios Exceler pada bulan Mei tersebut.

Baiklah. Untuk menyelesaikan kasus ini dengan bantuan fungsi counta dan contblank, terlebih dahulu mari kita lihat bentuk penulisan kedua fungsi tersebut.

Fungsi Counta

Seperti yang sudah saya tulis kan di atas. Fungsi counta digunakan untuk mencari jumlah baris pada sekumpulan baris atau range yang terisi data.

Cara penullisan fungsi counta
=COUNTA(value1;[value2];...)
Penjelasan
=COUNTA() : merupakan sebuah keyword untuk memanggil fungsi.
Value1 : sekumpulan baris atau range pertama yang merupakan tempat pencarian baris yang berisi data.
Value2 : sekumpulan baris atau range kedua yang merupakan tempat pencarian baris yang berisi data. Value2 ini sifat nya opsional.

Fungsi countblank

Seperti yang telah saya tulis kan juga di atas. Fungsi countblank digunakan untuk mencari jumlah baris pada sekumpulan baris atau range yang tidak terisi data. Secara sederhana bisa diartikan fungsi ini berguna untuk mencari jumlah baris kosong.

Cara penulisan fungsi countblank
=COUNTBLANK(range)
Penjelasan
=COUNTBLANK() : merupakan sebuah keyword untuk memanggil fungsi
Range : sekumpulan baris atau range yang merupakan tempat pencarian baris yang tidak terisi data atau baris kosong.

Agar lebih faham tentang bagaimana penggunaan fungsi counta dan countblank ini, mari kita selesaikan kasus data pada gambar 1 di atas.

Contoh penggunaan fungsi counta dan countblank

Untuk menjawab pertanyaan pertama pada gambar 1 di atas, kita akan mencari jumlah baris pada kolom “KET” yang berisi keterangan “Ada”. Pada contoh ini keterangan “Ada” menandakan bahwa pada tanggal yang bersangkutan, di kios Exceler ada transaksi penjualan.

Dengan begitu, kita akan mengetahui berapa harikah pada bulan Mei di kios Exceler ada transaksi penjualan. Faham kan maksud nya ?.

Oke, saya yakin teman – teman pasti faham dan sudah bisa menebak fungsi apa yang akan kita gunakan untuk kasus ini. Ya benar, untuk kasus ini kita akan menggunakan fungsi counta.
Silahkan isi cell “G6” dengan rumus fungsi counta seperti di bawah ini.
=COUNTA(C5:C35)
Jangan lupa tekan ENTER. Jika teman – teman praktik menggunakan data yang sama dengan data seperti pada gambar 1, maka hasil yang muncul dari rumus di atas pasti 12. Ya kan ?. Jika benar, itu artinya ada 12 hari pada bulan Mei, di kios Exceler terjadi transaksi penjualan. Dengan begitu, pertanyaan pertama sudah terjawab.
 Sekarang untuk pertanyaan kedua, kita akan selesaikan dengan menggunakan fungsi countblank. Isi cell “G7” dengan rumus fungsi countblank seperti di bawah.
=COUNTBLANK(C6:C35)
Jangan lupa ENTER nya. sekali lagi jika data yang teman – teman gunakan untuk praktik sama dengan data yang saya gunakan, maka hasil yang muncul dari rumus di atas adalah 19. Artinya ada 19 hari tidak ada transaksi penjualan di kios Exceler pada bulan Mei. Hasil akhir nya seperti gambar di bawah ini.

Cara menggunakan fungsi counta dan countblank

Gambar 2. Hasil fungsi Counta & Countblank

Oke, dua pertanyaan yang membutuhkan fungsi counta dan countblank sudah terjawab. Untuk pertanyaan terakhir  yaitu “Total Hari”, silahkan teman – teman jawab sendiri, terserah teman – teman mau selesaikan dengan cara manual atau menggunakan fungsi yang ada di excel Jika teman – teman ingin selesaikan dengan bantuan fungsi, artikel tentang fungsi sum, sumif dan sumifs ini bisa teman – teman jadikan panduan. 

Baiklah, saya rasa pembahasan fungsi counta dan contblank ini sudah cukup jelas, kalau ada pertanyaan silahkan ditulis saja di komentar. Salam hangat dan sampai jumpa pada artikel – artikel selanjut nya. Wassalam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menggunakan Fungsi Counta dan Countblank Excel"

Post a Comment