Concatenate, Fungsi Penggabung Teks di Excel

AssWrWb. Hallo Exceler, kali ini kita akan belajar menggunakan salah satu fungsi text yang ada di excel. Fungsi text yang akan kita pelajari kali ini ialah fungsi dengan nama concatenate, yang biasa digunakan untuk menggabungkan data teks di excel

Teman – teman. Microsoft excel sebenar nya dibuat khusus untuk memudah kan kita dalam mengolah data yang berjenis data angka. Oleh sebab itu lah kita sering mendengar orang menyebut kan istilah aplikasi pengolah angka sebagai nama lain dari excel. Namun, dalam beberapa kasus pekerjaan, ternyata excel pun bisa kita gunakan untuk mengolah data dengan jenis data teks.
Baca Juga : Cara membuat format angka arab di excel
Baiklah, berkaitan dengan apa yang saya tulis pada paragraf kedua di atas, di artikel ini kita akan belajar mengolah data teks dengan excel. Lebih tepat nya seperti yang saya tulis pada paragraf satu, kita akan belajar menggabungkan teks di excel dengan fungsi concatenate.

Menggabung teks dengan fungsi concatenate

Sebelum nya perhatikan gambar di bawah ini.

Fungsi Concatenate

Gambar 1. Fungsi concatenate

Pada gambar di atas terdapat tiga buah data yang berisi informasi nama depan, nama tengah dan nama belakang peserta sebuah kursus. Nah pada kolom terakhir yaitu kolom “NAMA LENGKAP”, kita diminta untuk mengisi nya dengan menggabung kan nama depan, nama tengah dan nama belakang dari masing – masing peserta.

Cara menggunakan fungsi concatenate

Untuk menyelesaikan kasus pada contoh di atas, kita bisa lakukan dua tahapan seperti berikut.

1. Menggabung nama depan, nama tengah dan nama belakang menggunakan fungsi concatenate.

Silahkan tuliskan fungsi seperti berikut ini pada cell “E4”
=CONCATENATE(B4;C4;D4)
Tekan enter. Maka akan kita dapatkan gabungan data teks dari cell B4, C4 dan D4. Untuk mendapatkan gabungan data teks dari baris di bawah nya, silah kan teman – teman copy saja rumus nya ke bawah dengan cara drag & drop.

Menggabung teks di excel

Gambar 2. Hasil penggabungan teks dari fungsi concatenate

Seperti yang teman – teman lihat, fungsi concatenate akan menggabungkan data teks dari semua cell yang kita masukkan dalam tanda kurung, setiap data akan digabung tanpa spasi. Nah khusus pada contoh yang kita gunakan, karena merupakan penggabungan nama, tentu nya semua teman – teman sepakat bahwa hasil sementara dari fungsi ini tidak terlihat indah (tidak elok kalau bahasa saudara kita di Negeri sebelah hehe). Maka untuk mengatasi hal ini, kita bisa siasati dengan langkah pada tahap kedua.

2. Menambah kan karakter spasi pada hasil penggabungan data

Untuk mendapat kan hasil akhir berupa nama lengkap yang sedap dipandang, maka fungsi concatenate pada tahap satu perlu diberi tambahan karakter spasi. Teman – teman bisa edit penulisan fungsi pada tahap satu, atau langsung saja tulis kan fungsi nya pada kolom sebelah kanan. untuk baris data pertama silah kan isi cell “F4” dengan bentuk seperti berikut
=CONCATENATE(B4&” “;C4&” “;D4)
Lalu tekan enter. Maka akan muncul hasil penggabungan nama dengan tambahan spasi pada setiap bagian nama, tentu nya ini lebih sedap dipandang kan ?.

Cara menggunakan fungsi concatenate

Gambar 3. Hasil Akhir

Dari contoh di atas, kita bisa simpulkan bahwa penggunaan fungsi concatenate ini cukup sederhana. Saya yakin teman – teman langsung faham cara menggunakan nya, iya kan ?.

Penjelasan fungsi concatenate

Bentuk penulisan fungs

Secara sederhana, fungsi ini ditulis dengan bentuk sebagai berikut.
=CONCATENATE(teks1;[teks2];[teks3];...)

Penjelasan

=CONCATENATE() : seperti umum nya fungsi – fungsi di excel, ini merupakan keyword atau kata kunci untuk memanggil fungsi.
teks1 : teks pertama yang akan digabung oleh fungsi, isinya bisa berupa teks yang ditulis langsung dalam tanda kurung, atau pun cell yang berisi data teks yang akan digabung.
teks2 : teks kedua yang akan digabung oleh fungsi, isinya bisa berupa teks yang ditulis langsung dalam tanda kurung, atau pun cell yang berisi data teks yang akan digabung.
teks3 : teks ketiga yang akan digabung oleh fungsi, isinya bisa berupa teks yang ditulis langsung dalam tanda kurung, atau pun cell yang berisi data teks yang akan digabung.

Untuk diketahui, jumlah maksimal teks yang bisa digabung oleh fungsi concatenate adalah sebanyak 255 bagian. Arti nya kita bisa mengisi dari teks1 sampai teks235 dalam tanda kurung fungsi.

Baiklah, saya rasa artikel ini sudah cukup panjang dan sudah cukup jelas untuk memberi gambaran mengenai kegunaan dari fungsi concatenate di excel.

Perlu digaris bawahi bahwa, contoh yang saya berikan di atas adalah contoh yang sangat mendasar dan sederhana sekali. Tentu nya masih banyak contoh – contoh yang lebih komplek yang bisa diselesaikan oleh fungsi concatenate. InsyaAllah di artikel – artikel selanjut nya kita akan belajar menggabung kan fungsi ini dengan fungsi – fungsi yang lain untuk menyelesaikan kasus yang lebih komplek. Cek terus yah artikel – artikel terbaru di situs ini. Wassalam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Concatenate, Fungsi Penggabung Teks di Excel"

Post a Comment