Conditional Formatting dan Cara Penggunaannya di Excel

AssWrWb. Hallo Exceler. Conditional formatting merupakan salah satu fitur di excel yang sering digunakan untuk membuat format otomatis bergantung kondisi yang diberikan pada sebuah cell. Seperti misal nya membuat perubahan warna background cell berdasar kan nilai tertentu yang ada pada cell tempat conditional formatting tersebut diterapkan.
Baca Juga : Concatenating, Menggabung Teks di Excel
Penggunaan conditional formatting

Contoh dari penggunaan fitur conditional formatting adalah seperti berikut. Misal nya pada sekelompok cell dalam sebuah kolom, kita ingin membedakan warna background nya berdasar kan rentang nilai tertentu yang ada pada cell. Lihat ilustrasi gambar di bawah ini.

conditional formatting

Gambar 1. Contoh Penggunaan Conditional Formatting

Seperti yang bisa kita lihat pada gambar di atas. Terdapat tabel yang berisi tentang informasi nilai beberapa orang siswa. Nah pada kolom “NILAI”, kita ingin memberi perbedaan warna cell atau baris yang berisi rentang nilai antara 30 – 65. Misal nya kita ingin membedakan nya dengan warna background cell warna “merah”.

Untuk menerapkan conditional formatting pada kolom “NILAI” tersebut, silah kan ikuti tahapan berikut.

1. Blok cell C5 – C14
2. Pilih menu conditional formatting kemudian pilih “new rule”


Gambar 2. New rule conditional formatting

3. Pada jendela “new formatting rule”, pilih “format only cells that contain” lalu isi bagian kondisi seperti pada gambar di bawah


Gambar 3. New formatting rule conditional formatting

4. Kemudian untuk warna, klik tombol “format” yang ada di sebelah kanan bagian “preview”. Atur seperti gambar di bawah


Gambar 4. Format conditional formatting

5. Terakhir klik Ok

Jika teman – teman mengikuti langkah di atas dengan benar, maka hasil nya seperti gambar di bawah.


Gambar 4. Hasil conditional formatting
Mudah bukan ?

Untuk contoh selanjut nya, kita akan memberi conditional formatting pada cell yang berisi data kembar atau duplicate value. Misal kita mempunyai data seperti gambar di bawah.


Gambar 5. Conditional formatting data kembar

Pada gambar di atas, terdapat beberapa data kembar pada kolom “NAMA”. Untuk memudahkan kita dalam mengetahui cell atau baris mana saja yang berisi data kembar, kita bisa gunakan kembali fitur conditional formatting dengan langkah sebagai berikut.

1. Blok semua data yang ada pada kolom “NAMA”
2. Pilih “new rule” pada menu conditional formatting
3. Kemudian pada jendela “new formatting rule”, pilih “format only unique or duplicate values”
4. Pada bagian “format all”, pilih “duplicate”
5. Kemudian pilih warna yang diingin kan untuk cell atau baris yang berisi data kembar dengan klik pada tombol “format”
6. Terakhir klik OK

Maka hasil akhir nya akan seperti gambar di bawah ini.


Gambar 6. Setting conditional formatting data kembar

Seperti yang teman – teman bisa lihat pada bagian menu conditional formatting, selain variasi format yang telah kita gunakan pada kedua contoh di atas, sebenar nya masih banyak bentuk variasi format yang lain. Namun tentu nya, bentuk – bentuk variasi yang lain tersebut penggunaan nya bergantung pada jenis data dan kondisi yang kita ingin kan.

Seperti yang teman – teman lihat pada contoh pertama di atas. Untuk menggunakan format kondisi seperti itu, tentu data yang kita miliki harus berupa data yang berjenis data angka atau number. Karena kalau format kondisi tersebut kita terapkan pada data berjenis teks atau yang lain, maka formatting nya tidak akan berjalan. Ini lah yang saya maksud kan bahwa penggunaan variasi format bergantung pada jenis data.

Teman – teman. Untuk lebih memahami penggunaan fitur conditional formatting ini, silah kan teman – teman bereksplorasi sendiri. Percaya lah dengan banyak berlatih, kemampuan excel kita akan semakin bertambah.

Baiklah, saya rasa sudah cukup jelas. Seperti biasa jika ada pertanyaan, silah kan tulis kan di bagian komentar. Wassalam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Conditional Formatting dan Cara Penggunaannya di Excel"

Post a Comment