Cara Menggunakan Fungsi HLOOKUP Excel (Dilengkapi Contoh)

Menyambung tulisan saya sebelumnya mengenai cara menggunakn fungsi vlookup excel, pada tulisan ini kita akan belajar mengenai kebalikan dari fungsi vlookup tersebut yaitu cara menggunakan fungsi hlookup excel.

Bagi yang belum mengetahui, fungsi vlookup dan hlookup adalah fungsi yang tergabung atau terkategorikan ke dalam kelompok fungsi lookup & reference. Penggunaan kedua fungsi ini di excel memiliki kesamaan yaitu untuk mengambil atau mencari data pada sebuah tabel referensi, dengan mengacu kepada sebuah nilai atau cell yang nilai datanya berada dalam baris (untuk vlookup) atau kolom (untuk hlookup) yang sama dengan data yang akan dicari di dalam tabel referensi itu sendiri.

Apa Perbedaan Fungsi Vlookup dan Hlookup ?

Seperti yang telah saya paparkan pada paragraf kedua diatas, bahwa fungsi vlookup dan hlookup dalam hal kegunaan memang memiliki kesamaan, yaitu untuk mencari data pada sebuah tabel referensi, tetapi keduanya adalah fungsi yang berbeda jika kita melihat bentuk tabel referensi yang didukung oleh masing-masing fungsi.

Jika fungsi vlookup hanya bisa digunakan untuk pencarian data pada tabel yang bentuknya vertikal, maka begitu juga dengan fungsi hlookup, yang hanya bisa digunakan untuk mencari data pada tabel yang berbentuk horizontal. Mengenai apa itu tabel vertikal dan horizontal, sudah saya jelaskan sedikit pada tulisan mengenai fungsi vlookup, silahkan anda baca tulisan tersebut.

Cara Penulisan Fungsi Hlookup

Secara sederhana, bentuk atau cara penulisan dari fungsi hlookup adalah sebagai berikut.
=HLOOKUP(lookup_value;table_array;row_index_num;[range_lookup])
Sekilas persis sama dengan fungsi vlookup, tapi jika anda jeli, anda akan menemukan perbedaan pada parameter ketiga, jika vlookup menggunakan parameter col_index_num, maka hlookup menggukan parameter row_index_num untuk menentukan baris nomor berapa dalam tabel referensi yang akan ditampilkan datanya sebagai output fungsi.

Penjelasan Parameter Fungsi Hlookup

Agar lebih jelas mengenai parameter fungsi hlookup, berikut ini penjelasan dari masing-masing parameter.

HLOOKUP : merupakan kata kunci atau keyword untuk memanggil fungsi.

lookup_value : parameter yang akan menjadi acuan untuk pencarian data selanjutnya dalam kolom yang sama pada tabel referensi.

table_array : parameter yang berisi sebuah tabel atau array yang merupakan tempat tersajinya data-data yang akan dicari.

row_index_num : parameter yang berisi nilai, yang menentukan baris ke berapa dalam tabel referensi yang akan ditampilkan atau dicari datanya.

range_lookup : parameter optional yang akan menentukan tingkat keakuratan pencarian data. Nilai parameter ini sendiri, telah ditentukan oleh excel yaitu nilai boolean true atau false. Jika anda menginginkan pencarian data yang akurat, maka nilai yang harus anda isi pada parameter ini adalah nilai boolean false. Jika sebaliknya, maka parameter ini bisa anda isi dengan nilai boolean true atau anda kosongkan.

Contoh Penggunaan Fungsi Hlookup

Untuk lebih memahami cara menggunakan fungsi hlookup, dibawah ini telah saya siapkan contoh atau study case sederhana untuk praktik. Kita akan praktik menggunakan contoh yang sama pada tulisan mengenai fungsi vlookup excel yang telah saya publish sebelumnya di blog belajar excel ini, yaitu tentang pembuatan kartu ujian dengan excel. Jadi, setelah anda membaca tulisan ini dan mempraktikkan contohnya, maka anda akan dengan mudah dalam membuat berbagai bentuk kartu ujian dengan memanfaatkan fungsi vlookup dan hlookup.

Oke, mari kita mulai.

Siapkan dua buah sheet pada worksheet excel anda, selanjutnya isi dengan data-data seperti gambar dibawah ini. Oh ya, saya tidak mengharuskan anda untuk membuat data yang sama persis dengan yang saya gunakan pada contoh ini. Silahkan jika anda ingin menggunakan data yang lain. Yang penting, bentuk tabel yang anda buat adalah tabel horizontal.

fungsi hlookup excel

Jika semua sheet dan data-data telah siap, sekarang saatnya kita isikan fungsi hlookup pada sheet “KARTU”.

Untuk mendapatkan data nama, kelas dan ruang secara otomatis berdasarkan nomor ujian pada cell “D9”. Isikan fungsi hlookup seperti dibawah ini.

Baca Juga : Belajar Fungsi Sumproduct Excel

Cell “D10” : =HLOOKUP($D$9;'DATA PESERTA'!$B$4:$K$7;2;FALSE)
Cell “D11” : =HLOOKUP($D$9;'DATA PESERTA'!$B$4:$K$7;3;FALSE)
Cell “D12” : =HLOOKUP($D$9;'DATA PESERTA'!$B$4:$K$7;4;FALSE)

Jika tidak ada kekeliruan maka hasil dari fungsi-fungsi diatas ialah seperti gambar berikut.

contoh fungsi hlookup excel

Simpulan

Seperti yang bisa anda lihat dari hasil praktik menggunakan fungsi hlookup diatas, bahwasanya fungsi ini ternyata juga bisa kita gunakan untuk menghasilkan output yang sama persis dengan fungsi vlookup. Yang membedakannya hanyalah nilai yang kita isi pada bagian parameter ketiga pada sintax fungsi masing-masing. Intinya jika tabel referensi berbentuk vertikal, maka fungsi yang kita gunakan adalah fungsi vlookup, sedangkan jika horizontal, maka fungsi hlookup lah yang kita pakai.

Terakhir, jika ada pertanyaan mengenai fungsi ataupun contoh, silahkan curhatkan di kolom komentar, juga jangan lupa untuk share kalau tulisan ini bermanfaat.

Salam exceler.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menggunakan Fungsi HLOOKUP Excel (Dilengkapi Contoh)"

Post a Comment