Cara Mudah Menghapus Background Logo di Excel

Bismillah.

Ketika kita bekerja dengan microsoft excel, khususnya pekerjaan yang mengharuskan kita memasukkan gambar atau logo pada sheet yang sedang kita kerjakan, jika kasus nya logo atau gambar yang akan kita insert itu background nya tidak transparan, maka kita akan mendapati gambar kita atau logo kita akan terlihat menutupi data yang ada di bawah nya.

Untuk lebih jelas dalam memahami apa yang saya maksudkan pada paragraf diatas, berikut ini saya berikan contoh berupa gambar sheet excel yang sebelumnya telah saya isi data sembarang dan juga sebuah logo.

Cara menghapus backgroung logo di excel

Seperti yang bisa kita lihat, pada gambar diatas, logo yang saya tambahkan pada sheet, backgound nya menutupi sebagian dari nama guru, alhasil pekerjaan kita terlihat agak aneh dan tidak sedap dipandang mata he he.

Sebenarnya kita bisa mengakali hali ini dengan menggeser posisi logo agak ke kiri atas, namun cara ini tentunya tidak baik dan tidak efisien untuk diterapkan. Kenapa ? karena jika sewaktu – waktu nama guru berubah lebih panjang, maka pasti background logo akan kembali menutupinya. Masak setiap nama guru berubah lebih panjang, kita harus geser – geser logo lagi ?
Baca Juga : Cara praktis membuat simbol mata uang di excel
Nah, cara yang menurut saya lebih baik dan lebih efisien adalah dengan menghilangkan background gambar atau logo itu sendiri. Dengan begitu, kita tak perlu lagi memindah – mindah logo jika data di bawahnya berubah.

Lalu bagaimana cara menghapus background gambar atau logo di excel ?

Untuk menghilangkan latar belakang gambar atau logo yang akan dimasukkan ke excel, sejauh ini ada dua cara yang saya ketahui dan bisa kita gunakan. Yang pertama kita bisa menghilangkan terlebih dahulu backgroud gambar atau logo tersebut sebelum kita insert ke excel, dan yang kedua background gambar atau logo kita hilangkan setelah diinsert.

Untuk lebih jelasnya mari kita praktikkan bersama.

Menghilangkan Background Logo Dengan Photoshop

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan latar belakang atau background logo ialah menggunakan bantuan aplikasi photoshop. Untuk cara ini anda bisa mencari panduannya di internet, saya yakin ada banyak blog yang sudah membahasnya.

Menghilangkan Background Logo di Excel

Untuk menghilangkan background logo di excel ketika sudah diinsert, caranya cukup mudah. Simak panduannya dibawah ini.

Menghapus latar belakang logo di Excel

Agar lebih mudah dalam menentukan bagian – bagian logo yang akan kita hapus, saya biasanya memperbesar dulu ukuran logonya. Caranya tinggal klik logonya kemudian tarik bulatan – bulatan kecil warna putih yang ada di sisi logo.

Kemudian untuk memulai proses penghapusan background, pilih menu “format” pada “ribbon menu” selanjutnya pilih lagi “Remove Background” pada group menu “Adjust”.

Cara hapus background

Maka akan muncul menu “Background Removal” dan logo kita akan berubah warna seperti pada gambar diatas.

Kita bisa mulai menghapus background dengan memanfaatkan menu “Marks Areas to Keep” untuk menentukan bagian mana pada logo yang ingin kita biarkan (tidak dihapus) atau menu “Marks Areas to Remove” untuk menentukan bagian mana pada logo yang akan kita hapus.

Selanjutnya untuk menerapkan dan mendapatkan hasil akhir dari penggunaan menu “Marks Areas to Keep” atau “Marks Areas to Remove”, kita tinggal melakukan klik pada menu “Keep Changes”.

Hasil akhir yang saya dapatkan seperti ini.

Langkah menghilangkan background logo di excel

Setelah itu kita tinggal mengecilkan lagi ukuran logonya dan meletakkan pada posisi yang kita inginkan.

Mudah bukan ?

Untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih baik, silahkan anda bereksplorasi menggunakan menu  “Marks Areas to Keep” dan “Marks Areas to Remove”.

Semoga bermanfaat dan membantu teman – teman dalam menghapus background logo di excel. Jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan via kolom komentar.

Salam exceler.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Menghapus Background Logo di Excel"

Post a Comment