Cara Praktis Membuat Simbol Mata Uang di Excel

Bismillah.

Membuat simbol mata uang di excel bisa kita lakukan dengan cara manual dan otomatis. Dengan cara manual kita tinggal menulis lambang mata uangnya diikuti nominal uangnya.

Misalnya seperti ini.

Cara membuat simbol mata uang di Excel
Gambar 1

Perhatikan pada bagian “formula bar” (yang ditunjuk panah merah), simbol mata uang kita satukan dengan nominal uang. Sesederhana inilah cara kita jika ingin menggunakan cara manual untuk membuat simbol mata uang di excel.

Tapi penting untuk diketahui. Cara manual seperti ini akan merepotkan kita dikemudian hari apabila kita ingin menjumlahkan total uang.

Misalkan data pada gambar 1 diatas kita ubah seperti ini.

Rumus menjumlahkan uang di Excel
Gambar 2

Perhatikan cell yang ditujuk panah 1 dan panah 2. Pada cell yang ditunjuk panah 1, saya mencoba memasukkan rumus “=E5+E6+E7” untuk mendapatkan total jumlah uang.

Sedangkan pada cell yang ditunjuk panah 2 saya menggunakan fungsi SUM yang ada di excel dengan format seperti ini “=SUM(E5:E7)”. Tujuannya sama yakni untuk mendapatkan total jumlah uang.

Tapi hasilnya ?

Bisa dilihat bersama, hasil rumus dan fungsi yang saya isikan ternyata tidak sesuai harapan. Bukannya total jumlah uang yang dihasilkan, melainkan nilai error. Ini, tidak lain disebabkan karena data nominal uang yang kita gabungkan bersama simbol mata uang tipenya adalah string, dan tentunya, kita tidak bisa melakukan operasi matematika pada data yang bertipe string.

Inilah sebabnya, saya sangat tidak merekomendasikan anda menggunakan cara manual seperti diatas untuk membuat simbol mata uang. Gunakanlah cara otomatis yang fasilitasnya sudah tersedia di excel.

Langkah – langkah Membuat Simbol Mata Uang Otomatis di Excel. 

Cara praktis dan otomatis untuk membuat simbol mata uang di excel ialah dengan menggunakan fasilitas “format cell” yang ada di excel. Penggunaannya cukup mudah, anda bisa ikuti langkah – langkah di bawah ini.


Sebelumnya saya sudah merubah data yang telah kita buat pada gambar 2 di atas. Saya menghapus simbol mata uangnya dan hanya menyisakan nominalnya saja.

Simbol mata uang di Excel

Nah untuk membuat simbol mata uangnya kita tinggal blok cell “E5” sampai “E7” kemudian klik kanan mouse.

Membuat simbol mata uang otomatis di Excel

Akan muncul pop up menu seperti gambar diatas. Klik pada “format cell”.
Selanjutnya jendela “format cell” akan terbuka. Pada tab “Number” bagian “Category”, pilih “Accounting”.

Menformat mata uang di excel

Kemudian pilih simbol mata uang yang akan kita gunakan. Terakhir klik “OK”. Maka, cell yang berisi data nominal uang yang telah kita setting “format cell” nya akan otomatis terisi simbol mata uangnya.

Langkah membuat simbol mata uang otomatis di excel

Bisa dilihat, selain simbol mata uangnya terisi otomatis, kini kitapun sudah bisa melakukan operasi matematika. Rumus dan fungsi yang kita isi sebelumnya sekarang telah berjalan dengan normal dan menghasilkan output sesuai dengan yang kita harapkan.

Oh iya, di office versi 2016 (versi lain mungkin juga bisa), untuk memunculkan jendela “format cell”, selain dengan cara klik kanan mouse, bisa juga dengan cara mengakses langsung melalui “ribbon menu” yang ada pada menu home.

Caranya pada menu home, dibagian group “Number”, klik panah kecil berwarna abu – abu yang ada di kanan bawah. Maka jendela “format cell” akan terbuka.

Cara akses menu format cell di excel

Saya rasa cukup ya. 

Itulah cara membuat simbol mata uang otomatis di excel, semoga membantu dan bermanfaat untuk untuk teman – teman sekalian.

Jika tulisan ini bermanfaat silahkan dishare untuk yang lain, begitu juga jika ada yang kurang jelas dari tulisan ini silahkan kirimkan pertanyaan via kolom komentar di bawan.

Salam exceler.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Praktis Membuat Simbol Mata Uang di Excel"

Post a Comment