[LENGKAP] Cara Mengaktifkan Tab Developer Pada Microsoft Excel

Bismillah.

Untuk bisa menuliskan kode Visual Basic For Application (VBA) pada microsoft excel, terlebih dahulu kita harus mengaktifkan tab depelover pada aplikasi excel itu sendiri, tab depelover ini memang secara default tidak akan muncul selama kita tidak mengaktifkannya. Itu dikarenakan menu-menu yang ada pada tab depelover, dikhususkan bagi orang-orang yang sudah expert dalam menggunakan excel  dan mengerti bahasa pemrograman, yang ingin men-custom pekerjaannya dengan tambahan kode-kode VBA.

Namun jangan berkecil hati, bagi anda (termasuk saya) yang belum mengerti cara membuat dan menggunakan kode VBA, di blog belajar excel ini insya Allah kita akan mulai mempelajari apa itu VBA dan cara menggunakannya.

Tapi sebelum mulai mempelajari VBA, seperti yang sudah saya paparkan diatas, bahwa untuk bisa menuliskan kode VBA, kita butuh wadah atau kanvas. Kanvas ini kalau meminjam bahasanya programmer, adalah sebuah Integrated Development Tools yang kemudian biasa disingkat IDE, yang berfungsi sebagai tempat penulisan kode-kode program. Agar seragam, pada tulisan ini saya selanjutnya akan menggunakan istilah IDE untuk penyebutan kanvas.

Untuk membuka IDE dan mulai menulis kode VBA, kita harus memunculkan terlebih dahulu tab depelover, khusus bagi pengguna microsoft excel 2010 ke atas, langkah-langkah untuk memunculkan tab depeloper adalah sebagai berikut.

Langkah – langkah Mengaktifkan Tab Developer Pada Microsoft Excel

Langkah Pertama :
  1. Silahkan buka aplikasi microsoft excel.  Untuk mempraktekkan tulisan ini saya sendiri menggunakan micosoft excel 2016. Bagi anda yang menggunakan versi lain, saya rasa tidak ada perbedaan yang terlalu jauh
  2. Klik menu file pada lembar kerja atau worksheet excel anda
  3. Kemudian pilih menu “Option
    Tab Developer
  4. Selanjutnya pada jendela “Excel Option” yang terbuka, klik menu “Customize Ribbon” yang terletak di sisi kiri
  5. Alihkan pandangan ke sisi paling kanan yaitu pada bagian “Customize the Ribbon”. Pada combo box yang tersedia, cari dan pilih kelompok “Main Tabs”.
  6. Terakhir centang check box yang di kanannya bertuliskan “Developer”, lalu klik OK untuk menyimpan pilihan anda
    Belajar kode VBA excel
  7. Tab “Depelover” kini sudah tersedia dan siap digunakan.

Langkah Kedua :
  1. Seperti pada nomor 1 langkah pertama, buka aplikasi microsoft excel
  2. Lakukan klik kanan pada area ribbon, terserah di bagian ribbon mana saja tidak masalah
  3. Kemudian klik pilihan “Customize the Ribbon” seperti pada gambar dibawah 
    IDE VBA excel
  4. Akan muncul jendela “Excel Option” seperti pada langkah pertama diatas
  5. Selanjutnya tinggal samakan pilihan seperti pada nomor 6
  6. Tab “Depelover” siap digunakan.

Berikut ini tampilan dari tab depeloper yang telah berhasil kita munculkan.

menu depeloper excel

Nah, setelah tab developer aktif, kini saatnya kita mencoba untuk mengakses IDE yang akan kita gunakan sebagai tempat menuliskan kode-kode VBA.

Cara Membuka IDE VBA Pada Microsoft Excel

Untuk membuka IDE, silahkan klik tab depelover, kemudian klik pada menu “Visual Basic”.
Maka akan muncul IDE dari VBA seperti pada gambar dibawah ini.

vba excel

Akan ada banyak sekali menu-menu baru yang mungkin belum anda (juga saya) lihat. Jangan panik dulu, pelan-pelan kita akan kupas bersama kegunaan dari menu-menu tersebut.

Mungkin anda juga ingin membaca : Membuat Simbol Mata Uang Otomatis di Excel

Untuk mulai menuliskan kode VBA, lakukan klik kanan pada “Sheet1(Sheet1)” yang ada pada sisi kiri IDE, kemudian klik “Insert” dan yang terakhir pilih “Module”. Maka akan muncul folder baru yaitu folder “Modules” pada hirarki dari VBAProject kita. Isinya adalah file modul yang telah kita insert tadi.

macro vba

Sampai disini, kita sudah siap untuk mulai menulis kode-kode VBA. Pada prakteknya kode VBA yang kita buat akan kita simpan pada modul. Tidak hanya satu modul, apabila kita telah mahir membuat kode VBA, kita bisa membuat banyak modul untuk satu project, dimana setiap modul akan berisi kode VBA yang berbeda-beda tergantung kegunannya.

Pasti anda penasarankan kan ?

Tenang, kita tidak akan langsung praktik membuat kode VBA pada tulisan ini. Ini hanya pembukaan untuk memulai pembelajaran kita mengenai VBA. Yang penting sekarang anda sudah mengetahui cara memunculkan tab developer pada microsoft excel. Materi VBA insya Allah akan mulai saya tulis pada postingan-postingan selanjtnya. Jadi harap bersabar dan kunjungi terus blog sederhana belajar excel ini untuk mendapatkan tutorial-tutorial seputar excel.

Yeeey, lega rasanya bisa menyelesaikan tulisan ini. Kalau menurut anda tulisan ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman-teman lain agar manfaatnya semakin tersebar luas dan apabila ada yang masih kurang jelas, silahkan kirim pertanyaan via kolom komentar. 

Salam exceler.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[LENGKAP] Cara Mengaktifkan Tab Developer Pada Microsoft Excel"

Post a Comment