Mudahnya Menghitung Masa Kerja Karyawan Dengan Rumus Fungsi DATEDIF Excel

Masa kerja adalah jangka waktu seseorang bekerja, mulai dari tanggal pertama masuk kerja sampai tanggal pengunduran diri atau tanggal pensiun. Pekerjaan menghitung masa kerja ini biasanya dikerjakan oleh bagian tata usaha di sekolah atau bagian personalia pada perusahaan. Data mengenai masa kerja ini kemudian bisa dimanfaatkan dalam banyak hal, misalnya untuk menentukan kebijakan besaran THR, bonus, tunjangan pensiun dan lain sebagainya.

Lalu Bagaimanakah Cara Termudah Untuk Menghitung Masa Kerja ?

Bagi anda yang biasa bekerja dengan microsoft excel, menghitung masa kerja bisa anda lakukan dengan sangat mudah. Cukup mengerti tentang penggunaan rumus fungsi datedif yang ada di excel, masa kerja seseorang bisa anda dapatkan dengan sangat mudah dan cepat.

Apa Itu Rumus Fungsi DATEDIF ?

Rumus atau lebih tepatnya fungsi datedif, adalah sebuah fungsi yang disediakan oleh microsoft excel untuk menghitung selisih antara dua buah tanggal. Fungsi ini, telah tersedia di excel sejak generasi microsoft excel 5/95. Namun, entah mengapa untuk microsoft excel versi 2013 ke atas, rumus datedif ini ternyata sudah tidak ada dalam daftar fungsi yang tersedia, meskipun pada kenyataanya, fungsi datedif masih bisa digunakan dan berfungsi dengan baik bahkan pada versi excel yang terbaru.

Bagaimana Cara Menggunakan Fungsi Datedif Untuk Menghitung Masa Kerja ?

Sebelum mulai menghitung masa kerja dengan fungsi datedif excel, ada baiknya kita fahami dulu bentuk sintak dan maksud dari parameter-parameter yang terdapat dalam fungsi ini.

Bentuk sintak atau penulisan rumus fungsi datedif exel adalah sebagai berikut :
=DATEDIF(start_date;end_date;format)
Atau 
=DATEDIF(start_date;end_date;unit)

Penjelasan sintak :

DATEDIF : adalah kata kunci atau keyword untuk memanggil rumus fungsi. Sebelum menuliskan keyword ini anda harus mendahuluinya dengan karakter “=” (sama dengan).
start_date : parameter yang berisi tanggal pertama atau tanggal awal, yang akan dihitung selisihnya dengan tanggal akhir.
end_date : parameter kedua yang juga berisi tanggal, di parameter inilah tempat anda mengisi tanggal akhir bekerjanya seorang karyawan kalau misalnya anda akan menggunakan rumus fungsi ini untuk menghitung masa kerja karwayan.
format atau unit : parameter yang berisi kode unik untuk menentukan bentuk informasi yang akan menjadi output dari rumus fungsi datedif. Ada enam kode unik yang bisa kita pilih untuk kita isi pada parameter ini, keenam kode tersebut ialah :

  1. “y” : rumus fungsi akan menghasilkan jumlah total tahun yang sudah dilalui
  2. “m” : akan menghasilkan jumlah total bulan yang sudah dilalui
  3. “d” : menghasilkan total hari yang dilalui
  4. “md” : hanya menghitung selisih hari pada start_date dan end_date. Selisih bulan dan tahun dari tidak dihitung
  5. “ym” : menghidung hanya selisih bulan pada start_date dan end_date. Selisih hari dan tahun tidak dihitung
  6. “yd” : menghitung selisih hari dalam start_date dan end_date. Selisih tahun diabaikan

Jangan bingung dulu dengan kode-kode unik diatas, dalam kasus pencarian masa kerja, kita hanya butuh setidaknya tiga kode saja dari keenam kode unik yang tersedia.

Untuk lebih memahami cara menggunakan rumus fungsi datedif, marilah kita praktikkan langsung penggunaannya pada sebuah contoh kasus data di excel.
Baca Juga : Mudahnya membuat format angka Arab di excel
Buka lembar kerja (worksheet) excel anda. Sediakan sebuah sheet dan isikan dengan data seperti dibawah ini.

menghitung-masa-kerja-dengan-excel

Untuk mengetahui masa kerja kelima karyawan pada tabel diatas, maka tuliskan rumus fungsi datedif dengan format seperti dibawah ini.

Rumus fungsi untuk baris nomor 1 :

Pada cell “E5” : =DATEDIF(C4;D4;"y")
Pada cell “F5” : =DATEDIF(C4;D4;"ym")
Pada cell “G5” : =DATEDIF(C4;D4;"yd")

Selanjutnya untuk baris nomor 2 dan seterusnya, anda bisa melakukan copy rumus untuk mendapatkan hasil yang sama dengan baris nomor 1.

Berikut ini hasil akhir dari penerapan rumus fungsi datedif pada tabel.

rumus-fungsi-datedif-excel

Selain untuk mencari masa kerja, rumus fungsi datedif juga bisa anda manfaatkan untuk menghitung umur. Dengan mengisi tanggal lahir pada parameter start_date dan tanggal sekarang pada end_date, maka rumus fungsi ini akan menghasilkan jumlah umur anda hari ini.

Sampai disini apakah masih ada yang kurang jelas dari penjelasan rumus fungsi dan contoh penggunaannya ? jika ada silahkan anda tuliskan pertanyaan terkait tulisan ini pada kolom komentar.

Terakhir seperti biasa, jika tulisan mengenai cara mencari masa kerja karyawan dengan rumus fungsi datedif excel ini bermanfaat untuk anda, maka tidak ada salahnya untuk membagikan tulisan ini kepada teman-teman yang lain.

Salam exceler.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mudahnya Menghitung Masa Kerja Karyawan Dengan Rumus Fungsi DATEDIF Excel"

Post a Comment