Cara Menggunakan Fungsi Upper Lower dan Proper Excel

Assalamu’alaikum.

Meskipun diperuntukkan dan lebih powerfull jika digunakan untuk mengolah data angka, bukan berarti kita tidak dapat menggunakan excel untuk mengolah data dalam bentuk data teks. Contohnya adalah ketika kita mempunyai data teks yang awalnya ditulis dengan huruf kecil semua, kemudian kita berkeinginan untuk merubahnya menjadi huruf kapital semua, maka kita bisa memanfaatkan fungsi UPPER yang disediakan oleh excel untuk melakukan hal tersebut.

Fungsi lain yang penggunaannya mirip dengan fungsi UPPER adalah fungsi LOWER dan fungsi PROPER. Namun tentu saja penggunaannya berbeda, jika fungsi UPPER berguna untuk merubah semua huruf menjadi huruf kapital, maka fungsi LOWER adalah kebalikannya, yaitu untuk merubah huruf kapital menjadi huruf kecil . Sedangkan fungsi PROPER, berguna ketika kita ingin membuat huruf awal pada tiap kata menjadi atau berbentuk huruf kapital.

Lebih jelasnya, mari kita langsung praktik saja menggunakan ketiga fungsi ini. Oh ya, sebelum praktik, mungkin ada baiknya saya sertakan sedikit ulasan mengenai fungsi UPPER, LOWER dan PROPER. Siapa tau diantara pembaca sekalian, ada yang sama sekali memang tidak tahu tentang ketiga fungsi ini.

Apa itu fungsi UPPER, LOWER dan PROPER ?

Untuk diketahui, di excel, ketiga fungsi ini tergolong atau termasuk ke dalam kelompok kategori fungsi text. Artinya, fungsi-fungsi ini memang hanya disediakan untuk keperluan masipulasi teks saja sehingga, anda tidak bisa menggunakannya untuk manipulasi data berjenis data angka ataupun yang lainnya. Jadi jangan sampai salah tempat penggunaan.

Bagaimana format penulisan atau sintax fungsi UPPER, LOWER dan PROPER ?

Format penulisan atau sintax dari ketiga fungsi ini sangatlah sederhana. Contohnya saja untuk fungsi UPPER, sintaxnya adalah seperti ini “=UPPER(text)”. Sangat sederhana bukan ? tidak seperti fungsi-fungsi yang lain, fungsi ini hanya memerlukan sebuah parameter untuk dieksekusi.

Lebih lengkap mengenai format penulisan fungsi UPPER, LOWER dan PROPER bisa anda simak dibawah ini.

Fungsi UPPER

Format penulisan :

=UPPER(text)

Penjelasan :

UPPER : Keyword untuk memanggil fungsi.
Text : parameter yang harus diisi dengan teks atau cell yang berisi data teks yang akan diubah formatnya hurufnya.

Fungsi LOWER

Format penulisan :

=LOWER(text)

Penjelasan :

LOWER : Keyword untuk memanggil fungsi.
Text : parameter yang harus diisi dengan teks atau cell yang berisi data teks yang akan diubah formatnya hurufnya.

Fungsi PROPER

Format penulisan :

=PROPER(text)

Penjelasan :

PROPER : Keyword untuk memanggil fungsi.
Text : parameter yang harus diisi dengan teks atau cell yang berisi data teks yang akan diubah formatnya hurufnya.
Baca Juga : Fungsi Penggabung Teks Excel
Itulah sedikit penjelasan mengenai format penulisan fungsi UPPER, LOWER dan PROPER. Semoga bisa dimengerti. Selanjutnya, kita akan praktik menggunakan ketiga fungsi tersebut. Sebagai bahan praktik, saya sendiri sudah menyiapkan sebuah sheet yang berisi data seperti pada gambar dibawah ini. Silahkan anda ikuti atau anda bisa juga membuat bentuk data yang lain sesuai keinginan anda.

fungsi teks excel

Selanjutnya untuk mendapatkan hasil dari penerapan fungsi UPPER, LOWER dan PROPER, silahkan anda isi masin-masing kolom yang ada di sebelah kanan kolom “TEKS AWAL”. Ingat, agar hasilnya tidak tertukar, sesuaikan fungsi yang akan anda isi dengan nama kolomnya.

Jika bingung, ikuti langkah berikut ini.

Pada kolom LOWER cell (B4), isikan formula seperti ini.

=LOWER(A4)

Kemudian untuk baris-baris selanjutnya anda tinggal melakukan penyalinan atau copy rumus. Caranya sangat mudah, yaitu dengan terlebih dahulu menyorot cell (B4), kemudian mengarahkan kursor mouse menuju kanan bawah cell, sampai muncul tanda plus (+), selanjtnya tinggal drag ke bawah sampai baris yang anda inginkan.

Saya rasa sampai disini anda sudah faham, oleh karena itu untuk dua kolom selanjutnya, silahkan anda isi sendiri dengan fungsi yang sesuai. Apabila ada kesalahan atau praktik anda gagal, jangan sungkan untuk menyampaikannya di kolom komentar.

Pastikan praktik anda menghasilkan output seperti pada gambar dibawah.

penggunaan fungsi lower upper proper

Terakhir jangan lupa dishare kalau tulisan ini bermanfaat.

Salam exceler.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menggunakan Fungsi Upper Lower dan Proper Excel"

Post a Comment