Cara Membuat Userform Di Microsoft Excel

Di microsoft excel, selain bisa mengisi data dengan cara mengetikkan langsung pada sel, kita juga bisa membuat userform yang berguna sebagai tempat mengisi data sebelum dimasukkan ke sel. Dengan userform, kita bisa melakukan entry data dengan lebih cepat dan terlihat lebih professional.

Bagaimana cara membuat userform ini ?

Cara membuat userform di excel sangat mudah. Karena memang excel telah menyediakan tools-tools yang bisa kita gunakan untuk membuat userform tersebut. jadi kita tinggal memanfaatkan tools yang telah disediakan.

Namun sebelum bisa menggunakan tools untuk membuat userform, kita sebelumnya harus mengaktifkan tab developer untuk bisa mengakses menu visual basic. Di dalam menu visual basic inilah tools-tools untuk membuat userform tersebut berada.

Bagi anda yang belum mengetahui cara mengaktifkan tab developer di excel, maka silahkan pelajari dulu cara membukanya pada artikel cara mengaktifkan tab developer ini.

Setelah tab developer aktif, silahkan klik tab tersebut sehingga akan tampil menu visual basic seperti gambar dibawah ini.

form entry data excel

Dan untuk memulai membuat userform. Ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Klik pada menu visual basic sehingga muncul jendela baru “microsoft visual basic for application”.
  • Kemudian klik menu insert dan pilih lagi menu kedua yaitu “UserForm”.
  • Maka pada IDE visual basic akan muncul userform baru seperti gambar dibawah ini.
    form login excel
  • Sekarang kita tinggal mengisi userform tersebut dengan label, textbox atau tools lain yang kita butuhkan.
Agar anda tidak bingung. Anggap saja saat ini kita akan membuat sebuah form login yang nantinya berfungsi sebagai pintu masuk pengguna ke dalam aplikasi kita. untuk membuat form login biasanya tools-tools yang kita butuhkan yakni 2 buah label, 2 buah textbox dan sebuah tombol.

Perhatikan desain form login yang telah kami buat berikut ini.

form login

Pada gambar diatas anda bisa lihat tools-tools yang kami gunakan di dalam form. Tools-tools tersebut ialah :
  1. Label yang telah diubah captionnya menjadi “username”
  2. Label dengan caption “password”
  3. Textbox
  4. Textbox
  5. Commandbutton dengan caption “LOGIN”
Sampai disini kita sudah selesai membuat dan mendesain form. Selanjutnya bagaimana cara menfungsikan textbox dan tombol login agar bisa berjalan seperti kebanyakan form login yang selama ini kita lihat ? nah untuk pertanyaan ini, insya Allah akan kami tuliskan ulasannya pada artikel selanjutnya. Yang terpenting sekarang anda sudah bisa membuat sebuah userform di excel.

Apabila anda mengalami kesulitan dalam mengikuti langkah membuat userform diatas. Silahkan tuliskan kesulitan anda tersebut pada kolom komentar dibawah artikel ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Userform Di Microsoft Excel"

Post a Comment