Fungsi Index Excel, Cara Penggunaan dan Contoh Fungsi Index Excel

Di artikel sebelumnya kami telah mengulas mengenai cara penggunaan dan contoh penggunaan fungsi match pada excel yang sering dikolaborasikan dengan fungsi index. Nah pada artikel kali ini, sebelum nantinya berlanjut membahas kolaborasi antara fungsi index dan match, terlebih dahulu kami akan membahas mengenai fungsi index itu sendiri. Bagaimana cara menggunakan fungsi index ? seperti apa contoh penggunaanya ? akan coba kami bahas setuntas mungkin pada artikel ini.

Apabila anda mencari fungsi index pada daftar fungsi yang tersedia di lembar kerja microsoft excel, maka anda akan menemukan fungsi index ini berada di dalam kelompok fungsi excel yang masuk ke dalam kategori fungsi lookup & reference. Dalam kategori ini, anda juga akan menemukan fungsi vlookup, fungsi hlookup dan tentunya fungsi match.

Lebih lanjut,  fungsi index pada excel digunakan untuk mendapatkan nilai atau data yang berada di dalam sebuah range atau tabel berdasarkan posisi baris dan kolom yang kita inputkan ke dalam argumen fungsi index. Dengan kata lain, fungsi index akan menghasilkan output berupa nilai atau data dengan mengacu pada informasi posisi baris dan kolom.

Untuk lebih jelasnya. Mari kita lihat bagaimana fungsi index ini bekerja.

Cara penulisan dan penggunaan fungsi index pada excel

Sintaks fungsi index memiliki dua bentuk penulisan dengan tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Kedua bentuk penulisan tersebut adalah :

1. Argumen pertama bentuk array

Bentuk penulisan fungsi index yang pertama ialah dengan menggunakan array sebagai argumen pertama penyusun fungsi. Sintaks nya ditulis seperti ini berikut ini.
=index(array; row_num; [column_num])
Dan berikut penjelasan masing-masing argumen.

array : Argumen yang wajib diisi. Anda bisa mengisinya dengan range data (tabel) atau konstanta array.
row_num : Wajib diisi. Disinilah anda mengisi baris ke berapa dalam tabel atau range data yang ingin anda tampilkan nilainya.
column_num : Argumen opsional. Jika range data hanya berupa satu kolom, maka argumen ini tidak perlu untuk diisi. Namun jika range data memiliki kolom lebih dari satu dan anda ingin menampilkan nilai data yang berada pada kolom ke dua atau ke tiga, maka argumen ini harus diisi.

2. Argumen pertama bentuk referensi

Sintaks fungsi index dengan argumen berupa referensi ini bisa anda manfaatkan untuk menampilkan nilai data yang berasal dari banyak referensi range data atau tabel. Bentuk penulisan sintaks nya ialah sebagai berikut.
=index(reference; row_num; [coulmn_num]; [area_num])
Dan penjelasan masing-masing argumen penyusunnya ialah.

reference : Ini adalah argumen pertama yang wajib diisi. Anda bisa mengisinya dengan referensi yang menuju pada satu atau lebih range data.
row_num : Ini juga argumen wajib. Isinya berupa baris ke berapa dalam range data yang ingin ditampilkan nilainya.
column_num : Argumen opsional. Bisa diisi ataupun tidak diisi. Tergantung dari jumlah kolum pada range data.
area_num : Ini juga argumen opsional. Anda bisa mengosongkannya apabila agrumen pertama pada fungsi index hanya berisi satu range referensi saja. Namun apabila argumen referensi nya berisi lebih dari satu range data, maka argumen ini harus anda isi. Di sinilah anda menentukan range data nomor brapa yang akan menjadi lokasi pencarian data.

Contoh penerapan fungsi index sederhana pada excel

Agar anda lebih faham dan bisa menggunakan fungsi index excel, berikut ini beberapa contoh penerapannya menggunakan kedua bentuk sintaks diatas.

Contoh penggunaan fungsi index dengan bentuk sintaks pertama dapat anda lihat pada gambar berikut.

fungsi-index-excel

Sedangkan untuk contoh penggunaan fungsi index dengan bentuk penulisan sintaks kedua bisa anda temukan pada gambar dibawah ini.

contoh-fungsi-index-excel

Demikianlah ulasan mengenai cara penggunaan fungsi index beserta contoh penerapannya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan ilmu excel anda. Apabila ada pertanyaan, silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah postingan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Index Excel, Cara Penggunaan dan Contoh Fungsi Index Excel"

Post a Comment