Fungsi Match Excel, Cara Penggunaan dan Contoh Fungsi Match Excel

Microsoft excel telah menyediakan fungsi match yang berguna ketika kita hendak mencari posisi sebuah nilai pada suatu range yang ada pada sebuah kolom atau baris. Artinya fungsi match ini akan mencari nilai tertentu yang kita isikan pada kalang sintaks fungsi match, dan kemudian akan mengembalikan posisi relatifnya dalam range.

Mungkin anda akan sedikit bingung dalam memahami penjelasan mengenai fungsi match diatas. Tapi jangan khawatir, setelah anda melihat dan mempraktikkan cara penggunaan dan contoh penggunaan fungsi match dibawah ini, saya yakin anda akhirnya pasti akan faham dan bisa mencerna penjelasan diatas.

Yuk kita mulai.

Cara penulisan sintaks dan penggunaan fungsi match excel

Sintaks fungsi match excel terdiri dari tiga buah argumen. Berikut ini cara penulisannya :
=Match(lookup_value; lookup_array; [match_type])
Dan berikut ini penjelsan dari masing-masing argumen penyusun fungsi match :


lookup_value : agrumen pertama yang wajib diisi. Di sinilah anda mengisi nilai yang akan dicari posisi relatifnya dalam agrumen kedua (lookup_array). Anda bisa mengisi argumen ini dengan data angka, teks, ataupun nilai logika. Begitu juga anda bisa mengisinya dengan referensi dari sebuah sel yang merujuk kepada data anga, teks dan nilai logika.



lookup_array : argumen kedua yang juga merupakan argumen yang wajib diisi. anda bisa mengisinya dengan range data atau rentang sel tempat argumen pertama (lookup_value) berada.


match_type : agrumen opsional yang tidak wajib untuk diisi. namun apabila anda tidak mengisi argumen ini, secara default excel akan mengisinya dengan angka 1. Ini adalah argumen yang akan menentukan hasil atau cara pencarian nilai oleh fungsi match. Pilihan match_type ini terdiri dari tiga angka yakni angka -1, 0 dan angka 1.

Berikut ini penjelasan dari ketiga match_type tersebut :

-1 : match_type jenis ini akan membuat fungsi match mencari posisi nilai yang sama atau lebih besar dari lookup_value. Apabila menggunakan type_match ini, maka lookup_array harus disusun dengan urutan descending (besar ke kecil). misalnya 10,9,8,7,6 ..., dan seterusnya.

0 : match_type ini akan memaksa fungsi match untuk hanya menemukan posisi nilai pertama yang sama persis dengan lookup_value. Match_type dengan nilai 0 tidak memperdulikan urutan lookup_array, jadi anda bisa menyusun lookup_array dalam bentuk ascending ataupun descending.

1 : ini adalah kebalikan dari match_type dengan nilai -1. Jenis match_type ini akan membuat fungsi match excel mencari posisi nilai yang sama atau yang lebih kecil dari lookup_value. Anda harus mengurutkan data pada lookup_array dengan susunan ascending apabila menggunakan jenis match_type ini.

Contoh penggunaan atau penerapan fungsi match excel

Setelah membaca penjelasan mengenai fungsi match, maka untuk lebih memperdalam pemahaman kita, mari kita lanjutkan ke contoh penerapan fungsi match dibawah ini.

Untuk contoh penggunaan fungsi match, saya telah menyiapkan sebuah data seperti gambar berikut ini.

fungsi match microsoft excel

Perhatikan gambar diatas. Dalam contoh tersebut saya mengisi argumen pertama (lookup_value) dengan referensi sel yang merujuk pada angka 13. Kemudian pada argumen kedua saya menggunakan array data atau rentang sel pada kolom “data 1” (B3:B7) sebagai lookup_array. Sedangkan pada argumen ketiga (match_type) saya memilih jenis pencarian data exact match (0).

Hasilnya ?

Posisi nilai yang dicari (angka 13) menghasilkan nilai 4 yang berarti bahwa angka 13 pada rentang sel (B3:B7) terletak pada posisi baris ke 4.

Sampai disini apakah anda sudah faham mengenai cara penggunaan fungsi matcah ?

Baca Juga : Cara menggunakan dan contoh penggunaan fungsi vlookup excel

Agar anda lebih faham. Silahkan lakukan eksperimen sendiri dengan contoh data pada gambar diatas. Gonta-ganti saja nilai untuk masing-masing argumen fungsi match. Dengan memperbanyak latihan, pengetahuan dan pemahaman anda pasti akan lebih meningkat.

Demikian artikel mengenai cara penggunaan fungsi match pada excel beserta contoh penggunaannya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda terhadap rumus-rumus excel.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Match Excel, Cara Penggunaan dan Contoh Fungsi Match Excel"

Post a Comment