Gabungan Fungsi Index dan Match Sebagai Pengganti Vlookup Excel

Bagi anda yang sering menggunakan fungsi vlookup untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan di excel, maka anda pasti merasakan dan mengetahui bahwa fungsi vlookup ini sebenarnya memiliki kelemahan.

Apa ?

Iya, fungsi vlookup ternyata tidak bisa digunakan untuk mencari atau mengambil data yang berada di sebelah kiri nilai acuan (lookup_value). Kalau tidak percaya, coba saja anda buktikan sendiri. saya yakin berapa kalipun anda mencoba, fungsi vlookup akan selalu menghasilkan nilai error.

Lalu bagaimana mengatasi kelemahan fungsi vlookup tersebut ?

Nah, untunglah excel juga telah menyediakan dua fungsi yang kalau kita gabungkan, akan menghasilkan kolaborasi yang sangat powerfull untuk digunakan sebagai pengganti fungsi vlookup. Dua fungsi yang saya maksud ialah fungsi index dan fungsi match.

Dan diartikel ini, kita akan mempelajari bagaimana cara menggunakan gabungan fungsi index dan match dalam hal pencarian data. Insya Allah setelah faham mengenai cara penggunaan gabungan kedua fungsi ini, maka masalah pencarian data yang berada di sebelah kiri nilai acuan akan bisa teratasi.

Namun sebelum saya lanjutkan. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu fungsi index dan fungsi match, maka sebaiknya anda baca dulu artikel yang membahas kedua fungsi tersebut pada artikel tentang penggunaan fungsi index dan penggunaan fungsi match ini agar anda lebih mudah mencerna apa yang akan saya sampaikan pada artikel ini.

Dan apabila sudah dibaca, sekarang saatnya kita masuk ke pembahasan mengenai cara menggunakan gabungan fungsi index dan match untuk menggantikan fungsi vlookup.

Cara menggunakan fungsi index dan match sebagai pengganti fungsi vlookup

Perhatikan data pada gambar dibawah ini.

index-dan-match-excel

Pada gambar tersebut, terdapat sebuah tabel dengan 4 kolom yang berisi informasi mengenai data siswa sekolah dasar. Kemudian di sebelah kanannya, anda diminta untuk mengisi kelas seorang siswa bernama Rahman. Bagaimana cara mengisinya ?

Apabila anda sudah faham cara menggunakan fungsi vlookup, anda tentu akan dengan mudah untuk mengisi data kelas. Dengan fungsi vlookup, anda tinggal mengisikan rumus fungsi vlookup dengan bentuk seperti dibawah ini pada cell “H4”.
=vlookup(H3;C3:E7;0)
Selanjutnya setelah menekan enter, kelas siswa bernama Rahman akan muncul secara otomatis pada cell H4. Saya yakin ini mudah mudah untuk anda. Jadi rasanya saya tidak perlu berpanjang lebar.

Yang ingin saya sampaikan, kita juga bisa mendapatkan hasil yang sama dengan apa yang dihasilkan oleh fungsi vlookup diatas dengan menggunakan fungsi index dan match. Caranya anda tinggal mengganti rumus fungsi vlookup diatas dengan gabungan fungsi index dan match seperti berikut ini. masih di cell “H4”, tuliskan rumus seperti ini.
=index(E3:E7;match(H3;C3:C7;0)
Setelah itu silahkan tekan enter dan lihat hasilnya. Persis sama kan dengan hasil fungsi vlookup sebelumnya ?

Jadi bisa disimpulkan bahwa memang benar gabungan fungsi index dan match ini bisa kita gunakan sebagai pengganti fungsi vlookup.

Cara menggunakan fungsi index dan match untuk mengambil data di sebelah kiri

Bagaimana jika dari data pada tabel diatas, anda diminta untuk menampilkan nama siswa berdasarkan nis nya ? yang artinya data yang akan dicari atau ditampilkan berada di sebelah kiri nilai acuan ?
Nah, disinilah letak kelebihan dari gabungan fungsi index dan match. Gabungan kedua fungsi ini tidak perduli dengan letak data yang akan dicari, di kiri atau kanan, gabungan fungsi ini akan tetap mampu untuk menampilkannya.

Agar tidak terlalu panjang, mengenai cara menggunakan gabungan fungsi index dan match untuk vlookup ke kiri, selengkapnya bisa anda simak dan pelajari serta praktekkan melalui gambar dibawah ini.

index-match-sebagai-pengganti-vlookup

Sebagai penutup. Untuk bisa menggunakan gabungan fungsi index dan match seperti diatas, maka anda harus benar-benar faham dulu mengenai cara penggunaan dari kedua fungsi. Dengan begitu, bagaimanapun bentuk tabel atau letak pencarian data yang akan anda tampilkan, maka anda akan dengan mudah dapat menyelesaikannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gabungan Fungsi Index dan Match Sebagai Pengganti Vlookup Excel"

Post a Comment