Percabangan If Else di Macro VBA Excel

Pada artikel sebelumnya tentang cara membuat userform di excel. Saya berjanji untuk membuatkan artikel terpisah yang akan membahas secara khusus mengenai bagaimana cara untuk menfungsikan texboxt dan tombol yang ada pada userform. Kalau tidak salah, pada artikel tersebut kita telah membuat sebuah contoh userform berupa form login.

Akan tetapi setelah saya fikir-fikir, sebelum menuliskan artikel lanjutan dari artikel tersebut diatas. Sepertinya saya harus mendahulukan untuk menuliskan artikel mengenai percabangan if else pada macro VBA, karena dalam membuat form login tersebut bisa berfungsi, kita membutuhkan pemahaman yang baik mengenai percabangan if else pada macro VBA.

Menurut pemahaman saya, percabangan if else digunakan untuk mengatur jalannya sebuah program. Percabangan ini, akan menghasilkan nilai logika berupa true atau false yang selanjutnya akan diolah sebagai penentu tindakan selanjutnya atau proses selanjutnya yang akan dilakukan oleh program.

Cara penulisa (sintaks) dan bentuk percabangan if else

Bentuk pertama :
If (kondisi) then (proses selanjutnya) endif
Pada bentuk sintaks if pertama diatas, program akan melakukan pengecekan nilai yang ada pada bagian “kondisi”. Apabila “kondisi” bernilai true, maka “proses selanjutnya” akan dijalankan.

Bentuk kedua :
If (kondisi) then
    (proses1)
Else
    (proses2)
Endif
Pada bentuk kedua, percabangan if memiliki 2 proses yang akan dieksekusi selanjutnya bergantung dari nilai yang dikembalikan setelah pengecekan “kondisi”. Apabila kondisi bernilai true, maka “proses1” lah yang akan dikerjakan, sedangkan apabila “kondisi” bernilai false, maka “proses2” yang akan dieksekusi.

Tenang, anda akan lebih mudah memahami maksud penjelasan diatas setelah melihat langsung contoh penggunaan percabangan if else di bawah ini.

Contoh percabangan if else macro VBA

Silahkan buka aplikasi microsoft excel anda kemudian masuk ke menu visual basic yang ada pada tab developer.

Selanjutnya akan tampil jendela atau IDE visual basic for application seperti gambar dibawah ini.

percabangan if else
Nah silahkan lakukan klik kanan pada sheet1 dan pilih view code. Maka akan tampil jendela kode seperti berikut.

if-else-vba

Pada bagian general silahkan pilih “worksheet” dan di bagian declaration pilih “selectionchange”. Lalu isikan kode program seperti dibawah ini.
Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)
If Range("B3").Value = "" Then
    Range("C3").Value = "kosong"
ElseIf Range("B3").Value = "wirda" Then
    Range("C3").Value = "benar"
Else
    Range("C3").Value = "salah"
End If
End Sub
Setelah itu coba aktifkan sheet1 dan lihat perubahan isi sel “C3”. Kalau tidak ada kesalahan, isinya pasti akan menyesuaikan dengan isi pada sel “B3”. Jika sel “B2” tidak terisi maka sel “C3” akan berisi teks “kosong”, jika tersisi “wirda” maka “C3” akan berisi teks “benar” dan jika sel “B3” terisi selain selain “wirda” maka sel “C3” akan otomatis terisi teks “salah”. Cukup menarik ya ?.

Bagaimana ?

Sampai disini saya harap anda sudah faham dengan penggunaan percabangan if else. Namun jika masih ada yang belum difahami, maka silahkan tuliskan saja pertanyaan anda pada kolom komentar. Pada artikel selanjutnya, kita akan memanfaatkan percabangan if else ini dalam membuat form login.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Percabangan If Else di Macro VBA Excel"

Post a Comment