Membuat Form Login Di Excel Beserta Contoh

Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari bagaimana cara mengaktifkan tab developer agar tampil pada daftar tab yang ada. Dan pada artikel setelahnya, kita juga telah mempelajari bagaimana cara untuk membuat sebuah userform sederhana di microsoft excel.

Apabila anda telah membaca kedua artikel di atas, maka anda pasti mengetahui bahwa pada artikel tentang cara membuat userform tersebut, kita juga telah mempraktikkan sebuah contoh kasus pembuatan userform berbentuk form login.

Dan pada artikel ini, sesuai yang telah saya janjikan, kita akan memulai untuk mempelajari bagaimana cara agar form login tersebut bisa berfungsi sebagaimana layaknya form-form login yang biasa kita lihat.

Lanjut ??? Oke ...

...form login biasanya sering kita temukan pada aplikasi, baik itu aplikasi desktop maupun aplikasi web. Saya kira anda semua sudah pasti familiar dengan form login ini. benar kan ?


Lalu bagaimana cara membuat form login tersebut ?


Untuk praktik membuat form login pada artkel ini, kita akan menggunakan contoh userform yang telah kita buat pada artikel sebelumnya. Bentuk tampilan form login yang telah kita buat pada artikel tersebut kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

form login vba excel

Seperti yang bisa anda lihat. Form login yang telah kita buat terdiri dari tiga buah label, dua buah textbox dan sebuah commandbutton.

Bagi anda yang sudah membaca artikel mengenai cara membuat userform, tentu sudah faham bagaimana cara untuk menambahkan kelima kontrol tersebut. Jadi saya rasa tidak perlu untuk mengulang pembahasan mengenai hal ini karena akan membuang-buang waktu.

Jikapun ada yang belum faham, maka sebaiknya luangkan waktu untuk membacanya karena apa yang dibahas pada artikel itu merupakan dasar untuk mempelajari lanjutannya pada artikel ini.

Baiklah. Saya asumsikan anda semua sudah faham mengenai cara pembuatan sebuah userfom termasuk cara untuk menambahakan kontrol-kontrol yang diperlukan. Karenanya sekarang kita lanjutkan saja untuk mempelajari cara menfungsikan userform tersebut.

Ingat bahwa userform yang akan kita lanjutkan pembuatannya kali ini adalah sebuah userform berbentuk form login. Jadi hal pertama yang harus kita siapkan adalah sebuah sheet yang berfungsi untuk menampung data-data username dan password pengguna aplikasi kita nantinya.

Mari kita mulai ...

... silahkan siapkan sebuah sheet baru pada worksheet yang sebelumnya telah kita gunakan untuk membuat form login. Bila perlu, namai sheet tersebut dengan nama “datalogin”.

Kemudian pada sheet tersebut, silahkan anda isi dengan data-data seperti dibawah ini. Tidak masalah kalau anda ingin menggunakan data lain yang tidak sama dengan contoh data yang saya gunakan. Intinya, di sheet inilah kita akan menyimpan data-data username dan password pengguna.

login excel macro

Setelah data-data usename dan password pengguna telah siap. Maka sekarang kita bisa lanjutkan untuk menambahkan kode atau script program yang diperlukan agar form login kita bisa berfungsi.
Cara untuk menambahkan kode program adalah sebagai berikut :

Apabila saat ini anda masih berada di sheet “datalogin”, maka silahkan klik tab developer kemudian klik sekali lagi menu visual basic yang ada disamping menu macros untuk membuka jendela atau IDE visual basic for application.

Selanjutnya akan terbuka IDE visual basic beserta form login yang telah kita buat sebelumnya.
Nah untuk memulai memasukkan kode program, silahkan lakukan klik kanan pada form login dan piliah “view code”. Atau anda juga bisa meng-click ganda pada commondbutton atau tombol “LOGIN” untuk membuka jendela kode.

cara membuat form login di excel 2007

Kemudian silahkan masukkan script kode program berikut ini pada jendela kode tersebut.
Private Sub CommandButton1_Click()
If Me.TextBox1.Text = "" Then
    MsgBox "Isi dulu username anda", vbOKOnly + vbInformation, "pesan"
    Me.TextBox1.SetFocus
    Exit Sub
ElseIf Me.TextBox2.Text = "" Then
    MsgBox "Isi dulu password anda", vbOKOnly + vbInformation, "pesan"
    Me.TextBox2.SetFocus
    Exit Sub
ElseIf Me.TextBox1.Text <> Sheets("datalogin").Range("A2").Value Or Me.TextBox2.Text <> Sheets("datalogin").Range("B2").Value Then
    MsgBox "username atau password anda salah bos", vbOKOnly + vbCritical, "pesan"
    Me.TextBox1.SetFocus
    Exit Sub
Else
    MsgBox "Anda berhasil login", vbInformation + vbOKOnly, "pesan"
    Unload Me
    Sheets("hallo").Activate
End If
End Sub
Silahkan tes kode program diatas dengan cara me-run form login. Jalankan form login dengan cara mengeklik tombol F5 di keyboard. Coba isikan username dan password sembarang yang tidak ada pada data login di sheet “datalogin” lalu lihat apa yang terjadi.

Setelah itu ulangi sekali lagi dengan mengisikan username dan password yang ada pada sheet “datalogin” dan lihat bagaimana resfon yang diberikan oleh form login. Apabila tidak ada kesalahan dalam mengisikan kode program, maka semestinya program akan berjalan dengan lancar sesuai harapan.

Bagaimana ? apa perlu dijelaskan ? 

Saya rasa perlu ya ?

Oke. Berikut ini penjelasan masing-masing baris kode program diatas.

Private Sub CommandButton1_Click()
Script ini merupakan potongan kode yang secara otomatis akan dibuatkan oleh sistem ketika kita akan mengisikan kode program ke sebuah kontrol CommandButton.

If Me.TextBox1.Text = "" Then
    MsgBox "Isi dulu username anda", vbOKOnly + vbInformation, "pesan"
    Me.TextBox1.SetFocus
    Exit Sub
Maksud dari script ini ialah ketika form login dijalankan dan pengguna mengeklik tombol “LOGIN”, maka program akan memeriksa isi dari “TextBox1”. Apabila masih kosong, maka program akan menampilkan pesan yang berupa informasi bahwa username belum diisi. Setelahnya program akan mengembalikan fokus kursor ke kontrol “TextBox1” dan mengakhiri jalannya eksekusi kode.

ElseIf Me.TextBox2.Text = "" Then
    MsgBox "Isi dulu password anda", vbOKOnly + vbInformation, "pesan"
    Me.TextBox2.SetFocus
    Exit Sub
Script ini juga memiliki fungsi yang sama seperti script diatas. Bedanya pada script ini yang diperiksa isinya ialah kontrol “TextBox2.

ElseIf Me.TextBox1.Text <> Sheets("datalogin").Range("A2").Value Or Me.TextBox2.Text <> Sheets("datalogin").Range("B2").Value Then
    MsgBox "username atau password anda salah bos", vbOKOnly + vbCritical, "pesan"
    Me.TextBox1.SetFocus
    Exit Sub
Kalau script ini maksudnya ialah apabila “TextBox1” dan “Textbox2” sudah terisi data namun datanya tidak sama dengan data yang ada pada sheet “datalogin”. Maka program akan menampilkan pesan peringatan yang berisi informasi bahwa username dan password yang diisi salah atau tidak ditemukan pada sheet “datalogin”.

Else
    MsgBox "Anda berhasil login", vbInformation + vbOKOnly, "pesan"
    Unload Me
    Sheets("hallo").Activate
End If
End Sub
Ini adalah bagian terakhir dari kode program kita. Script ini akan menampilkan pesan bahwa pengguna telah berhasil login. Script ini akan tampil apabila username dan password yang diisikan oleh pengguna, sama dengan data yang ada pada sheet “datalogin” (artinya username dan passwordnya sudah benar).

Setelah itu form login akan menutup dirinya secara otomatis dan mengaktifkan sheet “hallo”.

Nah sampai disini kita sudah berhasil membuat dan menfungsikan form login sebagaimana yang kita harapkan. Pada workbooks-workbooks yang menyimpan data-data penting, keberadaan sebuah form login sangat bermanfaat agar pengguna yang tidak berhak, tidak bisa mengakses data yang kita miliki.

Selain itu, keberadaan form login pada sebuah aplikasi juga akan meninggalkan kesan professional. Karenanya, sangat penting bagi anda untuk membuat form login ini pada aplikasi-aplikasi macro VBA excel yang akan adan buat nantinya.

Akhirnya terima kasih telah membaca artikel ini. dan jikalau ada yang ingin anda tanyakan, maka silahkan tuliskan pertanyaan anda pada kolom komentar dibawah postingan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Form Login Di Excel Beserta Contoh"

Post a Comment