Cara Freeze Panes di Excel - Semua Versi

Artikel ini akan memandu anda untuk mempelajari bagaimana cara melakukan freeze panes di microsoft excel. Fitur freeze panes ini sangat penting dan cukup membantu saat data yang kita miliki sudah banyak, misalnya terdiri dari ratusan baris atau ratusan kolom.

Mari...

Ketika data yang kita miliki di sebuah tabel pada worksheet excel terdiri dari banyak baris dan kolom, untuk melihat baris atau kolom data terakhir, kita biasanya harus men-scroll mouse ke baris paling akhir atau ke kolom paling akhir.

Dan secara default, pada kasus di atas, kita akan kehilangan akses ke kepala atau header tabel, ataupun kolom pertama tabel, seiring bergesernya kursor ke baris atau kolom paling akhir.

Bagi yang sering bekerja dengan jumlah baris atau kolom data yang banyak, pastinya akan sering menjumpai kasus seperti ini. iya kan ?

Untungnya, dihampir semua versi microsoft excel yang telah diluncurkan, baik itu excel versi 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, dan versi excel 365, telah disematkan fitur untuk membuat sebuah baris atau kolom menjadi tidak bergerak saat kita melakukan scrolling mouse.

Fitur ini dinamai freeze panes, yang kemudian lebih dikenal dengan fitur preeze excel.

Bagi yang telah lama dan mahir dalam mengoperasikan aplikasi excel, fitur ini tentunya sudah sering digunakan. Namun, bagi para pemula yang baru seumur jagung mengenal dan mempelajari aplikasi pengolah angka ini, sedikit tidaknya pasti kesulitan untuk menggunakan fitur preeze excel ini.

Nah untuk membantu para pemula yang belum mengetahui fitur ini dan cara mengaktifkannya, berikut ini akan diuraikan langkah-langkahnya.

Cara mengakifkan freeze panes excel

Dengan freeze panes, kita bisa mengunci sebuah baris atau sebuah kolom, beberapa baris atau beberapa kolom, serta baris dan kolom sekaligus. kita akan mempelajarinya satu persatu sebentar lagi.

Cara preeze sebuah baris di excel

Misalkan kita memiliki sebuah tabel seperti pada gambar di bawah ini.

cara freeze panes excel 2007

Anggap saja tabel di atas terdiri dari banyak baris dan kolom, sehingga baris dan kolom terakhirnya tidak terlihat pada layar PC kita jika tidak di-scroll ke bawah atau ke samping.

Nah bagaimanakah caranya agar baris header kolom tetep nempel di posisi semula tanpa ikut tergeser saat kita melakukan scrolling ?

Jawabannya ialah dengan memanfaatkan fitur freeze panes dengan cara seperti berikut ini.
  1. Sorot baris header dengan cara mengarahkan cursor tepat di atas nomor baris (baris nomor 1)
  2. Selanjutnya pilih tab view -- group window -- freeze panes
  3. Klik pilihan freeze to top.

cara freeze panes atas dan samping

Maka sekarang baris header tidak akan bergeser meskipun kita scroll ke bawah sampai baris berapapun.

Perlu diketahui bahwa freeze panes tipe freeze top row ini akan menonaktifkan pergeseran baris yang paling atas atau baris pertama yang terlihat pada layar saat ini. Artinya jika pada contoh data di atas, baris pertama yang berada di posisi paling atas, dan yang terlihat adalah baris nomor 5, maka baris inilah yang akan dinonaktifkan.

Semoga faham...

Cara freeze sebuah kolom di excel

Masih dengan contoh data yang sama, untuk melakukan freeze sebuah kolom, caranya hampir sama dengan freeze baris yaitu.
  1. Pastikan kolom yang ingin dinonaktifkan pergeserannya berada di posisi paling kiri pada layar. Di sini misalnya kita akan mem-freeze kolom nama, maka yang kita lakukan adalah menggeser scroll ke samping kanan sampai kolom nomor bergeser dan menyisakan kolom nama sebagai kolom paling kiri (di layar)
  2. Kemudian piliah tab view -- group window -- freeze first column.

Maka sekarang kolom nama tidak akan tergeser walaupun di-scroll ke samping sampai kolom terakhir.

Cara freeze beberapa baris di excel

Untuk freeze beberapa baris, caranya cukup mudah, kita tinggal melakukan langkah-langkah berikut ini. kita masih menggunakan contoh data di atas.
  1. Misalkan kita akan mem-freeze baris header sampai baris data nomor 2 dengan isi kolom nama "marlina", maka kita tinggal memblok baris di bawahnya yakni baris data nomor 3
  2. Lalu pilih tab view -- group window -- freeze panes.

cara freeze panes beberapa baris di excel

Hasilnya, saat ini baris header sampai baris data nomor 2 tidak akan bergeser saat kita scroll ke bawah.

Cara freeze beberapa kolom di excel

Cara untuk freeze beberapa kolom hampir sama dengan cara freeze beberapa baris, hanya saja yang diblok adalah kolom setelah kolom yang diinginkan untuk difreeze.

Misalkan pada contoh data sebelumnya, kita akan mem-freeze kolom A dan B, maka kita tinggal memblok kolom C, dan mengaktifkan freeze panes dengan memilih tab view -- group window -- freeze panes.

Cara freeze baris dan kolom sekaligus di excel

Terakhir kita akan mempelajari cara freeze baris dan kolom sekaligus. Misalkan kita ingin agar baris header dan kolom A tidak tergeser saat scroll mouse ke bawah atau ke samping.

Cara freeze-nya ialah sebagai berikut.
  1. Masih dengan data yang sama, letakkan kursor pada baris ke dua (dibawah baris yang ingin di-freeze) setelah kolom A (kolom B)
  2. Lalu pilih tab view -- group window -- freeze panes.

Nah sekarang baris header dan kolom A akan terkunci dan tidak akan bergeser meskipun di-scroll.
Demikianlah artikel mengenai cara untuk mengaktifkan freeze panes di excel. semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu excel yang kita miliki. Jika ada pertanyaan, silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Freeze Panes di Excel - Semua Versi"

Post a Comment