Cara Cepat Menghitung Persentase (%) di Excel

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara menghitung persen atau lebih tepatnya rumus menghitung persen di excel. Penjelasan diusahakan sesederhana mungkin agar teman-teman bisa mencerna dan memahami materi dengan lebih mudah.

Diharapkan setelah membaca artikel ini, teman-teman bisa langsung mengaplikasikannya pada bidang pekerjaan masing-masing.

Bagaimana cara menghitung persen di microsoft excel ? mari kita pelajari bersama.

Dalam bekerja sehari-hari menggunakan excel, khususnya pekerjaan yang melibatkan analisa data, kebutuhan untuk menampilkan hasil analisa ke dalam bentuk persen seringkali kita butuhkan.

Ini dilakukan agar pembaca data kita bisa dengan mudah menangkap atau mencerna informasi dari data tersebut.

Kita tentu sering melihat papan informasi mengenai persentase penerimaan murid baru di sekolah-sekolah, atau juga informasi diskon ketika berbelanja di sebuah toko yang disajikan dalam bentuk persen.

Intinya, memahami cara menghitung persen sangatlah penting untuk membantu kita sebagai penyaji data, ataupun bagi pembaca data.

Apa itu persentase

Mengutip dari wikipedia, persentase merupakan sebuah angka atau perbandingan untuk menyatakan pecahan dari seratus, dan sering disimbolkan dengan "%". Persentase juga digunakan meskipun bukan unsur ratusan. Bilangan tersebut kemudian diskalakan agar dapat dibandingkan dengan 100.

Contoh untuk persentase yang bukan unsur ratusan misalnya seperti kasus di bawah ini (ide contoh diambil dari wikipedia).

Misalkan pada waktu ujian sekolah ada 4 orang guru yang bertugas untuk menjadi pengawas. 3 diantarnya menggunakan kacamata, dan sisanya yakni 1 orang guru tidak berkacamata.

Berapa persen kah guru yang berkacamata dan yang tidak berkacamata ? berikut ini cara menghitungnya.

Jumlah dosen berkacamata ada 3 orang dari total 4 guru. Jadi 3/4 diskalakan menjadi 75/100 = 0,75 atau 75%. Sedangkan guru yang tidak berkacamatan berjumlah 1 orang dari total 4 guru, 1/4 diskalakan menjadi 25/100 = 0,25 atau 25%.

Bagaimana cara menampilkan persen (%) di excel

Secara default, excel sebenarnya telah menyediakan fitur untuk mengubah nilai angka yang terdapat pada sebuah cell di excel ke dalam beragam format. Dan salah satu format tersebut ialah format persentase (percentage).

Untuk menampilkan lambang persen di excel, bisa kita lakukan dengan 3 cara berikut ini.
  1. Setelah mengetikkan angka pada cell, kita bisa langsung mengetikkan lambang persennya dengan menekan shift + tombol angka 5.
  2. Memformat cell ke dalam style format persen melalui tab home, group number, kemudian mengklik atau memilih simbol %.
  3. Melalui kotak dialog format cell dan memilih kategori persen.

Cara menghitung persen (%) di excel

Sebelum belajar mengenai cara menghitung persen di excel. Ada baiknya kita fahami dulu konsep dasar yang dipakai secara umum untuk menghitung persentase itu sendiri.

Berikut konsep menghitung persen yang dimaksud.

Setiap proses pencarian nilai persen pastinya akan membutuhkan 2 variabel berikut ini.
  1. Nilai yang akan dipersenkan
  2. Nilai bandingan dari nilai yang akan dipersenkan

Rumus umum untuk menghitung persen ialah : persentase = nilai yang akan dipersenkan / nilai bandingan x 100%.

Misalnya dari contoh guru yang mengawas ujian di atas. jika menggunakan konsep ini maka cara mencari nilai persennya adalah sebagai berikut.

Variabel-variabel :
  • Guru berkacamata = 3
  • Guru tidak berkacamata = 1
  • Dan nilai bandingan atau pembandingnya adalah jumlah total guru yakni 4.

Sehingga, untuk guru berkacamata nilai persentasenya bisa dihitung dengan cara :

3/4 * 100%

dan hasil perhitungan persentase yang didapat adalah 75%.

Kemudian untuk guru yang tidak berkacamata menghasilkan nilai persentase 25%, hasil dari 1/4 * 100%.

Sampai disini mudah-mudahan bisa difahami, selanjutnya dengan modal pemahaman terhadap konsep dasar ini, kita bisa melanjutkan mempelajari langkah atau rumus yang bisa kita gunakan untuk menghitung persen di excel.

Lebih lanjut, sebenarnya pada perhitungan persentase ini dikenal 2 model atau tipe perhitungan, yaitu perhitungan persentase proporsi dan perhitungan persentase perubahan.

Kemudian persentase perubahan sendiri terbagi lagi menjadi 2 jenis yakni persentase kenaikan dan persentase penurunan.

Cara menghitung persentase proporsi

Mengutip artikel dari kelasexcel.web.id, proporsi adalah pecahan yang pembilangnya merupakan bagian dari penyebutnya.

Untuk memahami mengenai cara menghitung persentase jenis proporsi, mari perhatikan contoh kasus berikut ini. kita akan memakai objek guru lagi sebagai contoh. Semoga diizinkan he he.

Misalkan pada sebuah sekolah, terdapat 30 orang guru. 10 guru berkelamin lagi-laki, dan 20 sisanya berkelamin perempuan.

Pertanyaannya, berapa persenkah guru laki-laki dan guru perempuan dari total 30 guru ?

Untuk menghitungnya, kita bisa mengikuti kaidah atau rumus berikut : % proporsi = nilai proporsi/pembanding proporsi x 100%.

Berpedoman dengan rumus di atas, maka untuk menjawab pertanyaan sebelumnya, kita bisa menghitung persentase di excel dengan cara rumus seperti gambar berikut ini.

rumus excel menghitung persentase

CATATAN :
Sebelum mengetikkan rumus seperti pada cell E4 dan E5, harap ubah dulu style format cell C4, C5, dan C6 menjadi berformat persen (percent style). Caranya seperti diterangkan pada awal artikel ini.

Jika sudah, maka setelah mengetikkan rumus persentase proporsi seperti di gambar, pada masing-masing cell di kolom C akan muncul nilai persentasenya.

Berikutnya kita akan belajar menghitung persentase perubahan.

Cara menghitung persentase perubahan

Konsep matematis yang digunakan untuk menghitung persentase perubahan adalah sebagai berikut : % perubahan = nilai perubahan / nilai sebelum perubahan x 100%.

Agar lebih mendetail, kita akan mempelajari masing-masing jenis dari tipe persentase perubahan ini, yaitu persentase kenaikan dan persentase penurunan.

Cara menghitung persentase kenaikan

Mengacu pada konsep menghitung persentase perubahan, maka persentase kenaikan bisa dihitung dengan rumus berikut : % kenaikan = nilai kenaikan / nilai sebelum kenaikan x 100%.

Pengaplikasian konsep di atas pada excel seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

rumus excel menghitung persentase kenaikan

INGAT. Sebelum mengetikkan semua rumus pada E di masing-masing cell pada kolom C, ubah dulu format style kolom C menjadi percent style.

Cara menghitung persentase penurunan

Masih mengacu pada konsep atau rumus menghitung persentase perubahan, persentase perubahan penurunan bisa dihitung dengan konsep : % penurunan = nilai penurunan / nilai sebelum penurunan x 100%.

Di excel kita bisa menghitung nilai persentase penurunan dengan cara seperti gambar berikut ini.

rumus excel pengurangan persen

Ingatlah untuk merubah format style kolom C menjadi percent style.

Pada gambar contoh perhitungan persentase penurunan di atas sekilas rumus yang digunakan tidak ada perbedaan dengan rumus persentase kenaikan.

Namun coba perhatikan pada operasi pengurangan yang ada di dalam tanda kurung. Jika pada persentase kenaikan yang dikurangi adalah nilai pada cell tahun setelahnya dengan nilai cell tahun sebelumnya, maka pada persentase penurunan adalah sebaliknya.

semoga difahami ...

Demikianlah artikel mengenai cara menghitung persentase di excel. Semoga manfaat dan menambah ilmu excel kita.

Jika ada pertanyaan atau kritik, silahkan tuliskan saja pada kolom komentar di bawah artikel ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cepat Menghitung Persentase (%) di Excel"

Post a Comment