Mudahnya Menghitung Jumlah Cell berwarna di Excel Dengan Kode Macro

Untuk menghitung jumlah cell yang berisi data, kita bisa memanfaatkan fungsi counta excel, sedangkan untuk menghitung cell yang kosong, maka ada fungsi countblank yang bisa kita gunakan. Lalu bagaimana cara menghitung jumlah cell dengan kriteria warna tertentu ? inilah yang akan kita bahas dan pelajari bersama pada artikel kali ini.

Dalam pekerjaan sehari-hari dengan excel, kita terkadang berhadapan pada kasus dimana kita membutuhkan keterangan mengenai jumlah cell yang berisi data dengan kriteria warna tertentu. Contohnya misalkan kita ingin mengetahui jumlah jam seorang guru yang datanya terdapat pada lembar jadwal pelajaran.

Bagaimana kita menghitungnya ?

Selain bisa menghitung secara manual, yang pastinya membutuhkan waktu yang tidak sedikit, kita juga bisa melakukan perhitungan otomatis. Caranya ialah dengan mewarnai setiap jam guru yang bersangkutan dengan warna unik, lalu membuat sedikit kode macro untuk menghitungnya.

Kenapa harus menggunakan macro ?

Tidak seperti cara untuk menghitung jumlah cell dengan beberapa kondisi seperti yang telah dituliskan pada paragraf awal, yang fungsinya sudah tersedia di excel. Menghitung cell dengan kriteria warna sepengetahuan kami belum ada fungsi yang disediakan, sehingga cara termudahnya hanyalah dengan memanfaatkan code macro excel.

Tidak perlu khawatir, kode macro untuk kasus ini tidaklah terlalu panjang dan sulit difahami, kami yakin anda pasti faham setelah membaca artikel ini sampai tuntas.

Baiklah, berikut ini sample data yang akan kita pakai untuk mempraktikkan cara menghitung cell berdasarkan warna.

cara menjumlahkan berdasarkan warna di excel

Misalnya pada gambar di atas, kita ingin mengetahui berapa jumlah cell yang berwarna kuning tanpa harus menghitungnya secara manual. Bagaimana caranya ?

Kode macro untuk menghitung jumlah cell yang berwarna sama di excel

Seperti yang telah kami tuliskan sebelumnya, untuk keperluan menghitung jumlah cell berdasarkan warna, maka kita membutuhkan bantuan beberapa baris kode macro. Kodenya ialah sebagai berikut.

Function hitungWarna(selAcuan As Range, rangeWarna As Range)
Dim sel As Range
For Each sel In rangeWarna
    If sel.Interior.Color = selAcuan.Interior.Color Then
        hitungWarna = hitungWarna + 1
    End If
Next
End Function

Tuliskan kode di atas pada module visual basic for applcation (VBA). Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Pada jendela microsoft excel yang telah terbuka, pilih tab “developer” kemudian pilih menu “visual basic”.
  2. Selanjutnya pada jendela atau microsoft visual basic IDE, klik kanan root project dan tambahkan module (insert-module).
  3. Copy atau tulis ulang kode di atas pada module.

Sampai disini, fungsi untuk menghitung warna sudah bisa digunakan. Untuk mulai menggunakannya, kita hanya perlu memanggil fungsinya dengan cara yang sama seperti penggunaan fungsi-fungsi lainnya di excel. Contohnya seperti berikut ini.

Oh ya, sebelumnya silahkan anda simpan dulu file excelnya ke dalam format excel macro enable workbook atau format excel binary workbook. Kemudian buka kembali file tersebut, berikan izin untuk menjalankan macro dan ikuti langkah seperti gambar di bawah ini.

rumus warna pada excel 2007


Penjelasan  gambar :

  1. Isikan fungsi hitungWarna pada cell G2 dengan format seperti pada cell H2.
  2. Kemudian pada range atau area data warna, pilih salah satu warna yang ingin dihitung jumlahnya (panah 1). Dalam contoh ini kami memilih warna merah.
  3. Lanjutkan dengan mengklik format painter untuk meng-copy formatnya (panah 2), kemudian klik cell warna acuan (F2, panah 3). Maka secara otomatis, di cell G2 akan tampil jumlah dari cell yang berwarna merah.

Finish...

Penjelasan kode :

Anda mungkin ingin mengetahui maksud dari setiap baris kode macro yang kita gunakan pada contoh ini, maksudnya kurang lebih sebagai berikut.

Function hitungWarna(selAcuan As Range, rangeWarna As Range)
Deklarasi fungsi hitungWarna dengan dua variabel yaitu selAcuan dan rangeWarna.
Dim sel As Range
Deklarasi variabel sel sebagai sebuah range.
For Each sel In rangeWarna
Lakukan pengulangan untuk semua sel yang ada pada rangeWarna.
If sel.Interior.Color = selAcuan.Interior.Color Then
Jika warna range memiliki warna yang sama dengan selAcuan maka jalankan perintah berikutnya.
hitungWarna = hitungWarna + 1
varibale hitungWarna berisi nilai hitungWarna ditambah 1.
End If
Akhir kondisi
Next
Perintah untuk kembali ke awal pengulangan.
End Function
Kode fungsi berakhir.

Demikianlah cara untuk menghitung jumlah cell berdasarkan kriteria warna tertentu di excel. Apabila masih menemui kesulitan dalam memahami kode macro, ataupun penggunaan fungsi, maka silahkan tinggalkan pertanyaan anda di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel belajar excel selanjutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mudahnya Menghitung Jumlah Cell berwarna di Excel Dengan Kode Macro"

Post a Comment